Dibalik Indahnya Pantai Bahari, Tersimpan Sampah di Dasar Lautnya

Dasar laut pantai bahari
sampah di Dasar laut Pantai Bahari yang berhasil di Kumpulkan para komunitas pecinta ingkungan dalam kegiatan Snorclean

PaTTaE.com – POLMAN | Kegiatan snorclean dengan memungut sampah di dasar laut pantai bahari Polewali mendapat respon positif warga Kelurahan Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar, Minggu 04/10/2020.

Sabri (40) warga sekitar Pantai Bahari Polewali saat menanggapi kegiatan sejumlah komunitas pecinta lingkungan tersebut mengaku, baru pertama kali ia dapatkan. Melaksanakan kegiatan sadar lingkungan, menurutnya sangat jarang dilakukan.

“Kita warga disini senang sekali kalau ada kegiatan begini. Karena ini juga membuat masyarakat dan pengunjung pantai bisa sadar untuk tidak buang sampah sebarangan” Kata Sabri

“Semoga kegiatan seperti ini bisa rutin dilaksanakan di Pantai Bahari. Karena masyarakat juga senang kalau ada kegiatan di sini,” tambahnya

Nurmadina, salah satu pengunjug Pantai Bahari yang didapat sedang menghabiskan waktu, bermain bersama teman sebanyanya juga mensuport kegitan tersebut.

Bila melihat pemandangan Pantai Bahari dari atas saja. Menurut Nurmadina, terlihat lumayan bersih, ditambah lagi petugas kebersihan yang sudah ada di area pantai. Namun, dengan adanya kegiatan snorclean bersih pantai di dasar laut, ternyata didapat banyak jenis sampah yang tidak nampak.

“Kalau dilihat sih pantai ini sudah bersih. Ternyata banyak sampah di dalam laut kita tidak tau.” Kata Nurmadina.

Ketua Komunitas pecinta lingkungan “Laut Biru” selaku penyelenggara kegiatan Snorclean bersama pihak Dinas LHK Polman dan beberapa komunitas lainnya mengatakan, sampah yang berhasil dikumpul, adalah sampah pengungujung Pantai Bahari dan warga sekitar.

Sampah plastik yang berhasil di kumpulkan terdiri dari sampah pastik dari berbagai merek

Hal itu ia buktikan dengan menunjukkan banyaknya sedotan plastik dan kemasan plastik. Dari berbagai merek, ditemukan di dasar laut pantai Bahari.

“Besar kemungkinan ini sampah pengunjung, jika dilihat dari jenisnya. Karena sepanjang pantai ini semuanya penjual.” Ungkap Putra Ketua Komunitas Laut Biru.

“Sengaja kita buat kegiatan seperti ini agar, masyarakat tahu bahwa pantai yang terlihat indah belum tentu seindah apa yang ada di dasar laut. Hari ini terbukti ternya banyak sampah di laut. Secara tidak langsung sampah ini juga akan menghambat kelangsungan hidup ikan,” lanjutnya

Selain pungut sampah, Mereka para komunitas pecinta lingkungan yang menyelenggarakan kegiatan Snorclean pantai Bahari juga melakukan edukasi bahaya dampak sampah kepada warga dan pelajar, serta pengunjung.

Adapun komunitas tergabung dalam aksi bersih pantai tersebut adalah, Sahabat Penyu, Sahabat Alam, Littoral, PPNI, Rumah Zakat. Asosiasi Pariwisata Polman, Bank Sampah dan sejumlah sekolah Adiwiyata Polman serta Pemerintah setempat.[*]