Diklat 3 in 1, P4S Cahaya Duta Palili Utus 20 Pemuda ke Makassar

Terlihat Mahasiswa IAI DDI Polman pada Diklat 3 in 1
Terlihat Mahasiswa IAI DDI Polman pada Diklat 3 in 1

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Cahaya Duta Palili, Mengirim 20 pemuda mengikuti Diklat 3 in 1 di Makassar. Kegiatan yang diselenggarakan Balai Diklat Industri Makassar, Kementerian Perindustrian RI berlangsung selama 7 hari, mulai Senin 8/4/2019.

Ketua P4S Cahaya Duta Palili Rosmida Mathar mengatakan, Tujuan pengutusan tersebut, selain tuk meningkatkan Sumber Daya Manusia khususnya pemuda menghadapi dunia kerja. Juga sebagai pengetahuan tambahan bagi mereka.

“Untuk meningkatkan sumber daya manusia terkhusus pemuda. Menyiapkan pemuda yang siap bekerja, menambah pengetahuan tentang olahan dan desain kemasan, memaksimalkan penggunaan potensi daerah utamanya ikan.” Tuturnya

Pemuda yang diutus merupakan hasil binaan P4S Cahaya Duta Palili yang bekerja sama dengan dua lembaga pendidikan di Polman.

20 peserta yang diutus, terdiri dari siswa dan guru SMK YPPP Wonomulyo, dan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI DDI Polman.

Diklat 3 in 1 yang berlangsung selama 7 hari tersebut meliputi Pelatihan pembuatan aneka olahan berbasis Ikan, pembuatan aneka olahan berbasis rumput laut dan pembuatan design kemasan produk pangan berbasis kompetensi.

Seluruh peserta akan dibina selama seminggu sesuai bidang yang diikutinya. Setelah itu pihak penyelenggara melakukan uji kompetensi bagi peserta untuk mengetahui hasil pelatihan tersebut.

Hasil dari uji kompetensi tersebut, masing-masing peserta akan mendapatkan sertifikat dari Balai Diklat Industri Makassar Kementrian Perindustrian Republik Indonesia.

Riska Hidayana, salah satu peserta diklat utusan P4S merasa sangat beruntung mengikuti Diklat 3 in 1 tersebut. Selain itu ia juga mengaku banyak mendapatkan inspirasi dari peserta diklat lainnya.

“Saya sangat senang dan sangat beruntung mendapat kesempatan ikut, karna di pelatihan ini saya bisa mendapat teman baru dari daerah lain”. Tuturnya

“Bisa saling berbagi pengalaman dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di mana pengalaman sangat memotivasi dan menginspirasi.” Tambahnya.

Kegiatan Diklat 3 in 1 tidak hanya diikuti peserta dari Polewali Mandar saja. Tapi, juga diikuti daerah lain. Seperti Ternate, Banjar Baru, Mamuju Tengah, Sidrap, Majene, Pangkep, Sinjai, Maros dan Makassar.

Diklat 3 in 1 yang diselenggarakan oleh BDI Makassar Kemenperin RI yang diikuti dari berbagai daerah yang berjumlah 150 peserta berakhir Sabtu (13/4), dan ditutup pada Minggu 14 April 2019. (pattae.com-Echi)


Penulis: Echi*

Curah Hujan Tinggi Mengakibatkan Banjir Di Dusun Kurra, Desa Kurma
Sungai Mapilli Meluap Akibat Curah Hujan Tinggi