Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sosialisasikan Kampung Iklim

Sosialisasi Kampung Iklim oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 09/01/2019. Foto: F2

PaTTaE.com | Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polewali Mandar bekerja sama dengan Pemerintah Desa yang ada di Polewali Mandar, mengadakan Sosialisasi Program Kampung Iklim di kantor Desa Kunyi, Rabu 09/01/2019.

Tercatat Ada sejumlah Desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, salah satunya adalah Desa Kunyi selaku tuan rumah.

Disamping perwakilan Desa, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan. Mulai dari seluruh Kapala dusun yang ada di Desa Kunyi, kepala BPD, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh agama, Tokoh pemuda, pihak Rumah Zakat, dan pihak tenaga medis.

Program Kampung Iklim (proklim) ini sendiri merupakan program yang rutin dilaksanakan. Tercatat tahun ini adalah tahun ketiga dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017.

Kepala Bidang penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup, Dinas lingkungan hidup dan kehutanan, Hikmah, mengatakan, banyaknya lokasi melakukan adaptasi dan mitigasi, dapat berkontribusi terhadap penurunan tingkat emisi gas rumah kaca.

“semakin banyak lokasi yang teridentifikasi sudah melakukan kegiatan yang terkait dengan adaptasi dan mitigasi. Sehingga, kita dapat berkontribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca”. Tutur Hikma

lebih jauh, Hikma berharap, semua dusun yang ada di Desa Kunyi dapat mendukung dan melaksanakan program kampung iklim.

“Kami berharap semua dusun di Desa Kunyi dapat melaksanakan program iklim. Untuk tahap pertama, kami akan seleksi setelah melakukan survey di semua dusun. Paling utama, adalah pelibatan masyarakat yang bermitra dengan berbagai pihak dalam mendukung program iklim (proklim) di Desa.” Ucap hikmah.

sementara itu, Anri, selaku Kepala Desa Kunyi kepada tim pattae.com juga mengungkapkan harapannya.

“Harapan saya kedepan mudah mudahan dengan adanya kampung iklim ini di Desa Kunyi, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat. Apa yang ada bisa lebih di tingkatkan, dan bisa mencapai prestasi yang kita inginkan”. Tutur Anri

Khusus Desa Kunyi, kegiatan adaptasi dapat berupa pengendalian banjir, longsor, peningkatan ketahanan pangan,pengendalian penyakit terkait iklim.

Disamping itu, Untuk Mitigasi, berupa kegiatan pengelolaan sampah, dan  limbah padat dan cair. Konserfasi energi melalui pemanfaatan energi air untuk pembangkit listrik, peningkatan tutup vegetasi, pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, dan lahan.

Rencananya, dari  beberapa Desa yang ikut dalam kegiatan tersebut, nantinya akan dinilai Desa yang layak dan terpilih untuk ikut berkompetisi ketingkat yang lebih tinggi.

Meskipun Desa Kunyi sempat  diguyur hujan, kegiatan Sosialisasi Program Kampung Iklim tersebut  dapat berjalan lancar.

Penulis/Kontributor: F2

Komentar