Dinas P2KBP3A Polman, Adakan Pokja Kampung KB di Desa Kunyi

Dinas P2KBP3A di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi
Dinas P2KBP3A di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi

Dinas P2KBP3A Kabupaten Polewali Mandar (Polman) sosialisasi KB ke masyarakat.  Hal itu dilakukan dengan mengadakan Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) kampung Keluarga Berencan (KB) di desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, kamis 18/06/2020.

Pokja yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A), dengan cara melakukan penyuluhan lintas sektor.

Koordinator KB tingkat Kecamatan dan Desa, Martha, mengatakan, dalam sosialisasi tersebut, tak hanya bicara terkait KB. Tetapi, banyak hal seperti, gizi buruk, Agama, Pendidikan, Covid-19 dan lain sebagainya, menyangkut kehidupan berkeluarga. 

Dalam pertemuan itu, hadir langsung sekretaris Dinas P2KBP3A Polman beserta rombongan, Camat Anreapi beserta staf, Pemdes kunyi beserta staf, Kader posyandu se-desa kunyi, BPD Kunyi serta tokoh masyarakat, dan tokoh Agama.

Sekretaris dinas P2KB3A, H. Aco Jamil.am pada Pokja tersebut, menjelaskan, Kampung KB sebenarnya merupakan program Nasional yang telah diresmikan oleh Presiden RI tahun 2016 lalu. Sementara, di Kecamatan Anreapi sendiri, terdapat 2 desa yang menjadi kampung KB binaan DP2KBP3A yaitu desa Kunyi dan desa Duampanua. 

“Program ini sendiri pertama di launching  pada tahun 2016. Kampung KB ini adalah  bagaimana mensinergikan dan menterpadukan beberapa program-program di suatu wilayah setingkat desa,” ujarnya

Selain itu, kata dia, program kampung Keluarga Berencana agar nantinya bisa membentuk kesejahteraan keluaga dan masyarakat.

Dinas P2KBP3A Tak Hanya Sosialisasi KB

Lanjutnya, sekretaris DP2KBP3A itu mengatakan, bukan hanya memberi pelayanan tetapi keaktifan masyarakat untuk menjalankan kehidupan keluarga dengan baik juga dibutuhkan disini.

“Bukan hanya kegiatan yang sifatnya melayani masyarakat tetapi, masyarakat juga proaktif bagaimana meningkatkan usaha pendapatannya. Itulah kami harapkan sendi-sendi kehidupan agar bisa bergerak dengan baik”. lanjutnya

Hasrullah selaku camat Anreapi yang ikut dalam kegiatan tersebut berharap, kader Posyandu di Kecamatan Anreapi bisa lebih aktif lagi, mensosialisasikan program kampung KB dan juga penanganan mengenai Covid-19.

“Saya harap para kader posyandu bisa lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi karena kampung KB tidak hanya mengurusi tentang kehamilan. Tetapi, juga pendidikan, Stunting dan lain sebagainya. Sehingga, di harapkan bisa membantu  dalam mensosialisasikan Covid juga” tuturrnya.[pattae.com/Echi]*