Dinas Pendidikan Polman Gelar Uji Publik Terkait Rancangan Perbup PAUD

Disdikbud Polman Uji Publik Rancangan Perbub Tentang Pelaksanaan PAUD
Disdikbud Polman Uji Publik Rancangan Perbup Tentang Pelaksanaan PAUD. Foto: Sulfa

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Polewali Mandar Uji Publik Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan itu terlaksana di Ruang Meeting Room Hotel Al-Ikhlas, Jl. Budi Utomo, Pekkabata, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (16/12/2020).

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini, dibuka langsung Wakil Bupati Polewali Mandar Muhammad Natsir didampingi Kepala Disdikbud Polman Andi Nursami Masdar, Sekretaris Pendidikan dan Kebudayaan Hamka Rasyid, Kepala Bidang Paud dan Dikmas Hamka B. Ta’u.

Muhammad Natsir saat ditemui awak media menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya PAUD memiliki payung hukum. Karena menurutnya, tidak semua Kecamatan dan Desa ada Paud.

“Jadi mudah-mudahan kedepannya tentu ada dibedakan yah..!  Jangan disama ratakan. Karena ada yang sanggup melaksanakan di desa, ada juga tidak. Itu yang mau diseragamkan, mau dipatenkan supaya payung hukumnya disempurnakan,”Ucap Muhammad Natsir.

Uji Rancangan Perbup tersebut diikuti 100 peserta yang terdiri dari Camat, Lurah Kecamatan, Bunda Paud Kecamatan, Inpaudi, pengawas TK, dan bunda Paud Lurah. Berlangsung mulai hari ini, Rabu (16/12) s/d Selasa (17/12/2020).  

Kegiatan yang diselenggarakan Disdikbud Polman itu, dibagi menjadi dua sesi pertemuan.  Untuk sesi pertama, mulai hari ini (16/12) diikuti sebanyak 50 peserta, dan dilanjut sesi kedua juga diikuti sebanyak 50 peserta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Andi Nursami Masdar mengatakan, Perbup tersebut dirancang sesuai aturan dari Kemendikbud RI.

“Jadi satu tahun di PAUD baru diwajibkan masuk SD. Makanya kita rancang Perbupnya dan akan kita uji publik hari ini. Meminta masukan dari peserta yang diundang pada hari ini dan besok,” ujar Andi Nursami Masdar

Dari masukan-masukan para peserta kegiatan Uji Publik Perbup akan dipertimbangkan dan dirumuskan dalam bentuk Perbup yang paten nantinya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Polman Hamka Rasyid ditempat yang sama, juga menjelaskan, Rancangan Perbup yang di Uji Publik hari ini (16/12) Tidak lain sebagai tindak lanjut dari Perda No.6 tahun 2012 tentang peningkatan mutu dan perluasan akses.