Dinas PMD Sinjai Studi Lapangan Ke Desa Kunyi Tentang Stunting

Studi Lapangan Dinas PMD Sinjai tentang Stunting di Desa Kunyi
Studi Lapangan Dinas PMD Sinjai tentang Stunting di Desa Kunyi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sinjai beserta rombongan berkunjung ke Desa Kunyi, Polewali Mandar, Selasa 03/9/2019. Kunjungan tersebut dalam rangka studi lapangan Dinas PMD Sinjai ke Desa Kunyi tentang program Stunting yang berskala Nasional.

Desa kunyi, Kabupaten Polewali Mandar, masuk dalam pembalajran Nasional inovasi Desa tentang Stunting, yang secara kebetulan hampir sama dengan inovasi desa yang ada di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Sehingga Dinas PMD Sinjai berkunjung dan mengadakan replikasi dalam studi lapangan yang mereka lakukan.

“Jadi kegiatan yang dilaksanakan dari kami (Pemerintah Kabupaten Sinjai) adalah sebuah kegiatan replikasi untuk inovasi didesa, dimana persoalan stunting ini kan persoalan nasional”. Tutur Yuhadis Samad, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

“Ada rekomendasi dari teman-teman tim ahli di sini (Desa Kunyi) dan PMD Polman. Ada desa disana yaitu Desa Kunyi Kecamatan Anreapi yang sudah mencoba melakukan inovasi terkait percepatan pencegahan Stunting ini.” Lanjutnya

Para rombongan pun terjun bergerak dari rumah ke rumah tuk melihat langsung kondisi pemukiman masyarakat Desa Kunyi yang ada di kampung Pitondokan,  Dusun Rarekan.

Dari kunjungan tersebut, kepala Desa Kunyi Anri, memaparkan tentang pengadaan kolam ikan air tawar di setiap rumah ke para rombongan PMD Sinjai sebagai percepatan pencegahan Stunting.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang perilaku hidup bersih, dan menunjukkan beberapa Sumur resapan serta memperkenalkan produk olahan ibu Dasa Wisma Desa Kunyi seperti Jamu, Kerupuk Tortila Jagung.

Produk olahan Ibu-ibu Dasa Wisma Desa Kunyi, pun ludes di borong (di beli) para rombongan studi lapangan tersebut.

Dari hasil kunjungan tersebut, Kepala Dinas PMD Sinjai Yuhadis Samad, mengapresiasi masyarakat Desa Kunyi yang sukses melaksanakan program percepatan pencegahan Stunting di wilayahnya.

“Kami (Pemerintah Sinjai) mengapresiasi desa (Kunyi) bersama segenap  jajarannya utamanya masyarakat ini, punya jiwa kegotongroyongan, semangat yang cukup tinggi sehingga kita menganggap sudah selangngkah lebih majulah untuk percepatan pencegahan Stunting”. Ungkap Kadis PMD Sinjai.

Kepala Dinas PMD Sinjai, selain mengapresiasi kegiatan masyarakat Desa Kunyi. ia juga mengaku akan mengadopsi cara yang sama dengan apa yang dilakukan warga Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi tersebut.  

Sehingnga mudah mudahan ini bisa kita adopsi karena secara wilayah geografis ini kurang lebih sama kita punya wilayah.” Lanjutnya [pattae.com]

Penulis: F2*

Diusia yang Baru 18 Tahun, Putra Pattae Ini Telah Menjabat Sebagai CEO