Disdikbud Polman Musnahkan Ribuan Blangko Ijazah SD, dan SMP

Pemusnahan Blangko Ijazah SD dan SMP
Pemusnahan Blangko Ijazah SD dan SMP di ruang aula Handayani Kantor Disdikbud Polman, Rabu (2/2/2022).

Disdikbud Kabupaten Polewali Mandar (Polman) musnahkan ribuan lembar blangko ijazah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kantor Disdikbud Polman, Rabu (2/2/2022) kemarin.

Kepala Bidang Mutu Pembelajaran Disdikbud Polman Nurman, mengatakan, pemusnahan sisa blangko ijazah dilakukan untuk menghindari penyimpangan atau penyalahgunaan blangko ijazah.

“Terkait pemusnahan blangko ijazah kita laporkan ke Kemendikbud RI. Melalui berita acara, sehingga tidak ada lagi penyimpangan terkait ijazah palsu,” jelas Nurman.

Pemusnahan sisa blangko ijazah tersebut diketahui sebanyak 1.200 lembar dengan rincian, 556 lembar blangko ijazah SMP tahun 2021. 512 blangko ijazah dari SD tahun 2021, dan 132 sisa blangko ijazah SD tahun 2020 dan puluhan banko ijazah cadangan lainnya.

Disaksikan langsung Kanit Tipikor Polres Polman Iptu Muliadi, pemusnahan sisa blangko ijazah dilakukan dengan cara dimasukkan ke mesin penghancur kertas. Ada juga dengan cara dibakar.

Foto: Pemusnahan Blangko Ijazah dengan cara di bakar, oleh Disdikbud Polman.

Pelaksanaan pemusnahan sisa blanko ijazah tersebut, pihak DinasPendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Polman, kemudian membuatkan berita acara, lalu dilaporkan ke Kementerian Pendidikan.

Jadi, seluruh nomor seri ijazah yang digunakan, maupun nomor seri ijazah yang dimusnahkan, kata Nurman, sudah terlapor ke Kemendikbud. Sementara untuk blangko ijazah dari Kemendikbud terdapat kelebihan 30 persen ikut dimusnahkan.

Mengantisipasi kesalahan penulisan, pihak Disdikbud Polman mengeluarkan kebijakan untuk dilakukan penukaran pergantian ijazah.

Pihak sekolah yang ijazah alumninya terdapat kesalah atau kekeliruan dalam penulisan nama siswa dan sebagainya. Disdikbud Polman memberikan kesempatan kepada sekolah sampai tanggal 28 Januari 2022 untuk melakukan pergantian ijazah siswanya yang bermasalah.[*]