DPRD Jembatani Pemda Polman Bahas Dana NPHD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polman jembatani pihak Pemda Polman dan Polres Polman Bahas dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Pertemuan tersebut dilakukan untuk mendukung kegiatan operasi mantap praja yang digelar di ruangan Ketua DPRD Polman, Kamis (29/2/2023).

“Ada beberapa pembahasan kaitannya dengan norma indeks yang sudah kita jelaskan berdasarkan aturan dan mekanisme yang ada,” jelas Kapolres Polman AKBP Anjar Purwoko.

Pembahasan internal di Pemda yang akan dijadikan dasar untuk pembahasan. Ia pun menyampaikan akan ada pertemuan selanjutnya terkait hal tersebut.

Kapolres Polman juga menegaskan bahwa usulan anggaran ini sudah disampaikan ke Pemkab Polman sejak bulan September 2023 lalu.

Sementara itu, Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima mengatakan,belum ada keputusan final karena ia masih akan meminta petunjuk Gubernur dan BPK Mamuju karena ada perbedaan standar harga dengan teman-teman pihak Polres.

“Dasar perhitungan Polres juga kuat dari Kementerian Keuangan tapi itu standar yang berlaku di Pemerintahan pusat sementara menurut tim TAPD atas petunjuk BPK bahwa itu harus menggunakan standar daerah seperti perjalanan dinas dan makan minum dan lainnya,” jelas Muh Ilham Borahima.

Lanjutnya, nilai yang diusulkan oleh Polres Polman setelah dihitung kembali yang sebelumnya Rp.8,3 Miliar turun menjadi Rp. 7,3 Miliar lebih.

Terpisah, Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud mengatakan, pertemuan dengan Pj Bupati Polman dan jajaran Pemkab Polman dengan Kapolres Polman dan jajarannya merupakan tindak lanjut surat yang dimasukan Polres Polman. Sehingga diundang pihak TAPD hadir Pj Bupati untuk menyaksikan sendiri seperti apa sebenarnya masukan dari Polres terkait NPHD karena disatu sisi Polres merupakan bagian yang sangat penting dalam pengamanan Pemilukada demi suksesi Pilkada.

“Kesepahaman itu ada dan TAPD akan menindaklanjuti yang akan di pimpin Pak Bupati untuk bagaimana mendapatkan nilai yang betul-betul bisa dipakai oleh Polres untuk memaksimalkan Pemilukada,” terang Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud.[*]