6 Tips Mengendarai Motor Biar Aman

Tips Mengendarai Motor
6 Tips Mengendarai Motor

Keselamatan saat mengendarai motor sangat perlu diperhatikan untuk para pengendara. persoalan ini, masih terlihat sepele, padahal, jika kita kurang hati-hati saat berkendara di jalan raya. bahaya akan menghampiri kita. Ingat..! hal itu bisa saja merugikan pengendara yang lain loh..! dan bisa saja terjadi kecelakaan dan lain-lain.

Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan kecelakan itu terjadi pada diri kita, dan orang lain, berikut admin akan berbagi tips bagaimana mengendarai motor dengan baik dan aman untuk sekitar.

Mengontrol kecepatan kendaraan

Hal pertama yang harus diamati saat mengendarai Motor adalah kecepatan. pastikan anda bisa mengontrol volume gas motor anda. Alangkah baiknya cek dulu tali gas motor anda, apakah sudah mulus atau tidak saat ditarik.

Jika tali gasnya agak keras untuk di tarik, maka segera service dulu. Sebab itu akan membuat volume gas tidak stabil bahkan bisa lengket dan sulit untuk diturunkan.

Ketika kontrol gas kita sudah membaik, kita pun akan mampu mengontrol kecepatan. Ingat, kontrollah kecepatan saat memasuki daerah ramai dan di jalan yang rusak.

Dalam berkendara, juga jangan di lupa pesan ini “Biar lambat yang penting selamat”

Perhatikan lampu send berfungsi dengan baik

Pengendara motor yang baik, tidak berhenti tanpa memberikan kode kepada pengendara yang lain saat mengerem, atau saat belok.

Pernah kan dapat kasus emak-emak menyalakan lampu send kekiri tapi belok kanan, atau sebaliknya. Nah, hal ini juga harus diperhatikan saat mengendarai motor, apalagi saat ingin belok.

Ketika kita memberikan lampu send saat ingin belok dapat mengantisipasi kecelakaan fatal baik kita maupun orang lain. Tidak menutup kemungkinan jika kita tak memberi kode belok, pengendara lain bisa saja nyeruduk kita.

Menjaga jarak yang aman

Menjaga jarak juga wajib dilakukan bagi pengendara untuk lebih aman dari ancaman kecelakaan. jarak yang lebih aman adalah 5-10 meter dari pengendara lain.

Waspada pada sekeliling anda

Pengendara harus fokus dan mengarahkan pandangan ke depan dan memperkirakan kecepatan  serta jarak aman. Salah satu yang juga anda harus perhatikan saat mengendarai motor adalah kondisi jalan seperti lubang, dll. Karena hal itu bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Untuk itu, sangat penting bagi pengendara, tuk memperhatikan kondisi sekitar, apakah aman bagi kita atau tidak. Jika tak aman, maka segera hindari.

Patuhi rambu lalu lintas

Dalam berkendara di jalan-jalan besar, atau di jalan-jalan yang ada di kota, tentu memiliki aturan bagaimana berlalu lintas dengan baik. Mengikuti rambu-rambu lalu lintas dapat menghindari kita dari kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Banyak pengendara sekarang ini yang tidak patuh terhadap aturan lalu lintas seperti, menerobos lampu merah, melaju dengan kencang saat belokan, dan masih banyak lagi.

Jika ingin aman saat mengendarai motor, ikutilah rambu-rambu lalu lintas.

Memperhatikan kelengkapan kendaraan motor

Nah, hal pertama yang harus anda penuhi adalah Surat Izin Mengendara (SIM) dan STNK  kendaraan kendaraan anda. Tak kalah pentingnya lagi adalah anda harus memakai helm.

Setelah itu, pastikan motor yang anda akan kendarai sudah berstandar Nasional yaitu ada kaca Spion, Plat, Lampu tanda stop, dan lampu sein.

Begitulah tips yang bisa admin share ke teman-teman semua, moga bermanfaat. Tunggu tips berikutnya. Kurru Sumanga..! (Pattae.comMAM)


Penulis: Amran Marsuki*