Festival Sandeq Berlangsung Besok, Pelabuhan Silopo Mulai Ramai Pengunjung

Pelabuhan Silopo Ramai Pengunjung
Pelabuhan Silopo Ramai Pengunjung

Menjadi lokasi pelaksanaan Festival perahu Sandeq yang akan berlangsung besok (31/8). Pelabuhan Silopo Kecamatan Binuang, Polewali Mandar pun mulai ramai pengunjung. Selasa (30/8/2022).

Pada malam puncak pembukaan dan pelepasan keberangkatan perahu Sandeq menuju Ibu Kota Negara di Balikpapan besok, nampak sejumlah masyarakat memadati area Pelabuhan Silopo untuk sekedar melihat persiapan keberangkatan para peserta Festival Sandeq.

Salah satu pengunjung dari Wonomulyo Fendi mengaku antusias menunggu malam puncak Festival Sandeq dengan pelepasan ratusan lampion. Ia mengaku telah ada di lokasi pantai silopo sejak tadi siang.

“Dari tadi siang ka di sini dari Wono apa penasaran ka lihat pelepasan lampion dengan tarian-tarian budaya Mandar yang di lanjut besok pagi keberangkatan Perahu Festival Sandeq,” ujar Fendi yang sedang berteduh di salah satu stand jualan warga.

Hal serupa juga di ungkapkan salah satu warga asal Pinrang yang jaraknya lumayan dekat dari perbatasan Sulawesi Selatan-Barat. Katanya ia bersama keluarga dari kemarin merencanakan untuk datang menyaksikan malam puncak Festival Sandeq.

Padatnya pengunjung Pelabuhan Silopo, di manfaatkan juga para pelaku usaha. Nampak, terlihat beberapa stand dagangan warga berjejer.

Sementara itu, 35 perahu Sandeq diantaranya 28 Sandeq untuk Lomba, dan 7 Sandeq Matoa telah berbaris di bibir pantai untuk siap berlayar esok hari (31/8).[*]