FoSSEI Sulsel dan Papua Mengoptimalkan Potensi Pariwisata Halal berbasis Syariah

KSEI Sulsel dan Papua Mengoptimalkan Potensi Pariwisata Halal berbasis Syariah
paa peserta temu ilmiah regional (Temilreg) wilayah Sulsel dan Papua foto bersama pada acara penutupan kegiatan di Aula Penginapan Bulu Tana, Malino, Gowa.

PaTTaE.com | Bertemakan “Optimalisasi Potensi Pariwisata Halal dari Timur untuk Indonesia”, Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dari Sulawesi hingga Papua adakan Temu Ilmiah Regional (Temilreg) 2019.

Bertempat di Penginapan Bulu Tana, Malino Kabupaten Gowa, berlangsung acara penutupan temu ilmia yang diikuti 134 mahasiswa Sulselbar dan Papua, Rabu (27/02/2019).

Temu Ilmiah mahasiswa dari berbagai Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Sulselbar dan Papua berlangsung 4 hari mulai Senin (25/02/2019) hingga Kamis (28/02/2019).

Temilreg merupakan ajang kompetisi tuk menilai kemampuan setiap kader FoSSEI. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan ajang silaturrahmi antar KSEI dari berbagai daerah.

“Ini bukan masalah siapa yang menang dan siapa yang kalah tetapi ini untuk mempererat tali silaturrahmi antar kader (KSEI)” Ujar Jipi, sekretaris regional foSSEI Sulsel dan Papua

Salah satu anggota delegasi KSEI Siamasei IAI DDI PolmanSulawesi Barat Desi, mengaku untuk mencekau pengalaman agar kedepannya bisa lebih baik pada perlombaan yang di sediakan.

KSEI Forkeis UIN Alauddin Makassar selaku tuan rumah pada Temlireg 2019 ini menyediakan perlombaan seperti paper karya tulis ilmiah, Olimpiade Ekonomi Islam, cerdas cermat Al Quran, Syariah Business Plan, dan Video Edukasi.

Temilreg ini menyimpan kesan tersendiri bagi para delegasi KSEI yang hadir. Hal ini yang dirasakan salah satu delegasi dari KSEI Fosei Unhas, Jihan Fahirah.

“Saya rasa kegiatan ini sangat berkesan karena ukhuwah nya misalnya tukaran ID Card. Nah, dan itu merupakan ID Card dari KSEI lain untuk saling mengenal dari KSEI yang lainnya”. Ungkapnya

FoSSEI adalah forum komunikasi mahasiwa studi ekonomi Islam yang dibentuk pada tahun 2000. Forum ini menaungi ratusan Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) se-Indonesia.

Kegiatan Temilreg FoSSEI ini dilaksanakan tuk menghadapi Temilnas (Temu Ilmiah Nasional) tahun 2019 bertempat di kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Dalam hal ini, Kooardinator FoSSEI regional Sulsel dan Papua Kamaluddin berharap. Setiap KSEI di berbagai daerah dapat mengutus delegasinya tuk memeriahkan Temu Ilmia Nasional nantinya.

“Jadi kami dari regional sangat  mengharapkan setiap KSEI yang ada di wilayah sulsel dan papua. Agar bisa mengirim delagasi untuk berpartisipasj dalam temu ilmiah nasional” Harapnya

Acara yang dilakukan Temilreg Sulsel Papua 2019 selama empat hari ini meliputi kegiatan Syariah Economic Forum, Perlombaan,  Night Awards, dan Field Trip.(pattae.comRamlah)*