Fossei Sulselbar Dan Papua Laksanakan Kegiatan FGD Dan RC

Fossei Sulselbar dan Papua laksanakan kegiatan FGD dan RC
Fossei Sulselbar dan Papua laksanakan kegiatan FGD dan RC

Focus Group Discussion (FGD) dan Research Camp (RC) digelar oleh Fossei Sulselbar dan Papua di kampus Institut Agama Islam Darud Da’wa Wal Irsyad (IAI DDI) Polewali Mandar. Kegiatan tersebut berlangsung mulai 25 sampai 26 Januari 2020.

Kegiatan itu merupakan suatu agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). Kali ini mereka mengangkat dua tema sekaligus, diantaranya.

“Pembangunan sosial ekonomi Indonesia melalui Optimalisasi manajemen keuangan  masjid serta ziswaf”. Tema ini diusung oleh Focus Group Discussion (FGD).

“Upgrade your skill, be a great young islamic researcher” adalah tema penting  yang diangkat di kegiatan Research Camp (RC).

Tahun ini (2020), merupakan kali pertama Kelompok studi ekonomi islam (KSEI) Asosiasi mahasiswa ekonomi syariah (SIAMASEI) IAI DDI Polewali Mandar menjadi tuan rumah pada kegiatan itu. Hal tersebut se-irama dengan pengakuan Dzakwan selaku ketua panitia.

“Alhamdulillah tahun ini agenda FGD dan RC yang menjadi tuan rumah adalah KSEI kami di polman yang masih terbilang baru di sulawesi barat” Jelas ketua panitia Dzakwan.

“Dan rektor kami di kampus mendukung penuh kegiatan kami, akan na ajukan KSEI Siamasei jadi tuan rumah lagi kampus akan ikut andil di dalamnya” Lanjutnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 7 Universitas yang ada di Indonesia di antaranya, UIN Alauddin makassar, Unhas makassar, Stiem Bongaya Makassar, IAIN Palopo, IAIN Bone, IAIN Parepare dan IAI DDI Polman.

Di kegiatan itu, ada 4 agenda yang dilaksanakan. Diantaranya, Pemaparan paper, pelatihan audiensi, agenda Qur’ani dan mendapatkan ilmu meneliti dari kegiatan Research Camp.

Dzakwan dalam kesempatannya juga menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi. “tujuan pertama adalah mempererat tali silaturahmi .kemudian pemaparan hasil research atau penelitian masing” KSEI terhadap pengembangan ekonomi indonesia melalui optimalisasi manajemen masjid serta ziswaf” Ungkapnya.

“serta rangkaian kegiatan RC merupakan salah satu kegiatan guna meningkatkan keilmuan para mahasiswa dalam mengenal dunia penelitian” tutup Dzakwan saat dijumpai.

Koordinator regional, Manjalin menyampaikan “Jadi focus grup discusiion (FGD) merupakan program tahunan FoSSEI Sulselbar dan papua, pada tahun KSEI Siamasei IAI DDI Polman sebagai tuan rumah pelaksananya” Ungkapnya.

Manjalin melanjutkan “dalam forum tersebut akan menampilkan kegiatan yang mempersentasikan hasil penelitian (paper) dari kelompok studi ekonomi islam (KSEI) yang ada dari berbagai kampus wilayah SulSelBar dan Papua” Lanjutnya.

“dengan tema yang strategis membahas tren Ekonomi Islam terkini, dalam hal pengembangan ekonomi sosial umat melalui manajemen keuangan Masjid dan Ziswaf. FGD tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini di adakan selama 2 hari yang dirangkaikan dengan kegiatan” tambah Manjalin.

“Research camp, dalam upaya menyiapkan mahasiswa yg kompeten dalam bidang penelitian, dan untuk dapat menciptakan karya-karya yang dapat bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional” tutup Koordinator Regional tersebut. [Pattae.com]