Gabungan Pegiat Literasi Polewali Mandar Menggelar Literasi Outdoor

Outdoor Literasi
Peserta yang terdiri dari anak-anak sedang mengikuti salah satu game pada kegiatan literasi outdoor

Gabungan enam komunitas terdiri dari Bola Literasi Nusantara (Blantara), Wanua Sulolipu (WS), Lattang Literasi Kunyi, Rumah Baca Inspirasi (RBI), Pemuda Duampanua dan Ikatan Perupa Sulbar. Bekerja sama menggelar kegiatan literasi outdoor dengan mengusung tema “Game Offline, Simpul Sedekah Tawa”, di lokasi permandian sungai Desa Kunyi, Minggu 12 September 2021.

Muliadi selaku Korpel (Koordinator Pelaksana) menjelaskan konsep literasi outdoor merupakan kegiatan belajar sambil bermain. Dimana setiap permainan diselipkan pertanyaan tentang pelajaran di sekolah, dan mengajarkan anak-anak, belajar di tempat terbuka sangat menyenangkan.

Peserta kegiatan terdiri dari anak-anak tingkat SD, binaan dari komunitas literasi. Terdapat 7 game yang anak-anak mainkan berupa, puzzle kebangsaan. Jaring laba-laba, memindahkan bom, kelereng stafet, whatsApp kaleng, pipa bocor dan tepung stafet.

Rusmadi selaku ketua Rumah Baca Inspirasi (RBI) mengatakan kawan cilik dari RBI. Sangat antusias sejak disampaikan 1 minggu sebelum diselenggarakannya kegiatan. Banyak kawan cilik ingin mengikuti kegiatan tersebut.

Sehingga sebelumnya kegiatan berlangsung dilakukan seleksi untuk membatasi peserta. Nampak saat bermain games, kawan cilik RBI sangat bersemangat karena game yang diperlombakan sangat menarik. Ditambah dengan suasana alam yang menambah semangat.

Kawan cilik Wanua Sulolipu (WS), Riat berusia 12 tahun mengaku sangat senang bisa bermain, dan saling mengenal satu sama lain. Tidak hanya bermain, Riat juga mengaku mendapatkan banyak pembelajaran, dari kegiatan literasi outdoor.

“Saya sangat senang bisa bermain bersama teman-teman, saling mengenal satu sama lain. Tidak hanya bermain, saya juga mendapatkan banyak pelajaran dibeberapa game yang saya ikuti,” jelas Riat.

Semarak literasi outdoor menjadi momentum kolaborasi yang asyik. Hingga ditutup dengan keseruan adik-adik melukis, dibimbing oleh kakak-kakak dari Ikatan Perupa Sulbar.

Sampai jumpa di literasi outdoor part dua, semoga semesta mendukung kita bisa kembali membersamai ruang kolaborasi.[*]