Gadung atau Sikapa, Jenis Umbi Beracun namun Kaya Manfaat

Tanaman Gadung atau Sikapa
Tanaman Gadung atau Sikapa

Manfaat Gadung | Gadung dengan nama latin dioscorea hipsida dennst adalah jenis tanaman berumbi yang kerap di jadikan bahan pangan sejak dahulu. Manfaat Tanaman berumbi satu ini tidak hanya terkenal sebagai bahan pangan tetapi juga terkenal sebagai tanaman beracun.

Pada masyarakat Pattae, tanaman gadung atau umbi hutan ini di kenal dengan nama Sikapa.

Tanaman yang satu ini memang mengandung racun yang dapat menimbulkan gejala gangguan kesehatan seperti rasa pusing di kepala disertai mual-mual jika dikonsumsi dari olahan yang kurang tepat.

Namun, terlepas dari itu, umbi gadung (sikapa) juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia dan menjadi olahan makanan tradisional. berikut khasiatnya:

Pengganti makanan pokok

Manfaat pertama Gadung yaitu sebagai bahan pangan yang bisa di jadikan pengganti makanan pokok. Seperti beras, jangung, kitelapohon dan lainnya. Dalam masyarakat Pattae, Gadung tersebut sering di olah menjadi sokko sikapa atau gadung kukus. Sokko (ketan) sikapa ini, merupakan gadung yang telah di olah dengan benar kemudian di kukus.

Bisa di jadikan cemilan sehat

Selain di buat khusus ternyata gadung juga bisa dimanfaat-kan menjadi olahan menjadi cemilan sehat seperti baje sikapa (gadung yang di masak dengan gula merah), Gareppe sikapa (kerupuk gadung), cooky sikapa (kue gadung), dan lain sebagainya.

Manfaat Gadung sebagai Pengganti tepung

Manfaat Gadung lainnya juga bisa diolah menjadi tepung untuk bahan kue dan lain-lain. Fungsi tepung gadung hampir sama dengan tepung ketan pada umumnya.

Manfaat Gadung (Sikapa) dalam kesehatan

Selain menjadi bahan dasar kue tradisional, manfaat Gadung juga terdapat banyak kandungan. Zat gizi yang terdapat pada umbi gadung seperti air, karbohidrat, lemak, protein, serat kasar, kadar abu, diosgenin, dioscinin, energi, besi, fosfor, kalsium, vit C, dan vit B, dapat mengatasi beberapa penyakit seperti kolestrol tinggi, rematik, lepra, nyeri haid, anti implamasi, sifilis, dan keputihan.

Gadung sebagai Pembasmi Binatang Perusak Tanaman

Alkaloid yang terdapat pada umbi gadung bisa di jadikan racun untuk membunuh hewan. Umbi gadung sering kali di gunakan oleh petani untuk membunuh hama tanaman, dan juga kadang di gunakan oleh pemburu untuk melumpuhkn binatang buruan dengan mengoleskan racun pada senjata mereka, juga kadang di gunakan oleh pemncing untuk membunuh ikan dengan menaruh racun di mata kail. [pattae.com]

Penulis: Desi Ratnasari*

Mahasiswa IAI DDI Polmann
Perjuangan Mahasiswa IAI DDI Polman Meraih Medali Emas-Perunggu pada Poski 2019 Kopertais Wilayah 8