Gaet Pemilih Pemula, KPU Polman Sosialisasi Ke SMA Se-Kecamatan Binuang

Foto bersama para peserta diskusi publik yang di selenggarakan KPU Polman tuk gaet pemilih pemula di Aula SMK PP Rea Timur. Jepretan: Ombe
Gaet pemilih pemula, KPU Polman sosialisasi pemilu 2019 di Aula SMK PP Rea Timur. Jepretan: Ombe

Gaet pemilih pemula, sejumlah SMA sederajat se Kecamatan Binuang, menjadi target sasaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar, untuk menggelar Diskusi Publik dalam rangka sosialisasi Pemilu 2019.

Program Diskusi Publik ini. Merupakan cara Divisi SDM KPU Polewali Mandar (Polman), bersama Partisipasi Masyarakat (PARMAS) untuk menjaring pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar.

Selain Siswa-siswa SMA se-Kecamatan Binuang, dalam diskusi publik KPU yang diselenggarakan di Aula SMK PP Rea Timur. Hadir juga mahasiswa KKN dari Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM).

Komisioner KPU Polman, Rusman Toni mengatakan, Para siswa dan mahasiswa yang hadir dalam diskusi tersebut. Harapannya mampu menjadi agen nantinya dalam mensukseskan pemilihan umum yang akan di selenggarakan 17 April 2019 mendatang.

“Mereka (para siswa) yang hadir ini, serta anak KKN-PPL ini, bisa menjadi agen dan menyampaikan kepada keluarga mereka, tetangga mereka, teman-teman mereka. Bahwa kita semua perlu mensukseskan pemilihan umum” Katanya

Himbauan KPU Polman dalam diskusi publik, yang disampaikan Rusman Toni mengatakan, setiap warga Negara harusnya, menggunakan hak suaranya pada momentum pemilu yang diselenggarakan tiap 5 tahun sekali.

“Dan kita harus menggunakan hak kita sebagai warga Negara. Agar, pemilu yg dilaksanakan 5 tahun sekali ini dapat berjalan dengan sukses aman dan lancar”. Lanjutnya

Peran pelajar dalam mengawal pesta demokrasi sangatlah penting, karena para siswa telah memiliki hak untuk memilih. Baik itu calon Anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD, DPR-RI, maupun calon Presiden & Wakil Presiden secara serentak nantinya.

Sementara tujuannya, kata Juli, untuk memperkenalkan Pemilihan Umum sebagai cara dan proses demokrasi untuk memilih pemimpin dan atau perwakilan yang berkualitas dan berintegritas.

“Sosialisasi di sekolah-sekolah, khususnya jenjang SMP dan SMA ini sangat penting karena pelajar merupakan pemilih pemula,” katanya.

Selain diskusi publik bersama para pelajar se Kecamatan Binuang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman juga memberikan pengajaran tentang tata pelaksanaan pemilihan, hingga pengenalan warna surat suara.

Sosialisasi bertajuk diskusi publik KPU Polman bagi pemilih pemula pada pemilu 2019, terselenggara di Aula SMK PP Rea Timur, Selasa 18/12/2018 pada pukul 10.00 WiTa hingga berakhir pukul 13.00 WiTa.(pattae.com-MAO)

Komentar