Gema Ramadhan PP DDI Al Ihsan Kanang Ditutup dengan Khidmat dan Meriah

Gema Ramadan PP DDI Al Ihsan Kanang
Suasana Gema Ramadan PP DDI Al Ihsan Kanang. Foto Ame'

Gema Ramadan menjadi salah-satu hal yang identik dengan Bulan Ramadan, memasuki hari-hari terakhir bulan suci, pastinya telah banyak terselenggara di daerah-daerah lain, di Kanang, Batetangnga Khususnya.

Begitu pun dengan Pengurus dan pengasuh Pondok Pesantren DDI Al Ihsan Kanang. Setelah Berjalan Selama Hampir Dua Minggu, Gema Ramadan PP DDI Al Ihsan Kanang Ditutup dengan Khidmat dan Meriah.

Gema Ramadan menjadi salah-satu program yang tak kalah menarik untuk diselenggarakan di bulan suci, mengingat para santri masih harus menyelesaikan proses belajar mengajar yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Gema Ramadan PP DDI Al Ihsan Kanang berlangsung dari tanggal 15 Mei sampai 28 Mei 2019. Panggung utama yang berada di area pondok tampak ramai oleh para santri dan masyarakat umum setiap malamnya.

Banyaknya cabang yang dilombakan membuat masa penyelenggaraan terbilang lama, tetapi hal itu kemudian juga menjadi pengusir jenuh bagi para santri selama berada di pondok. Sebagaimana yang disampaikan Nurdiansyah, S. Pd saat kami temui di lokasi.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi kesibukan lain bagi para santri yang mondok, mengingat waktu libur masih lama, dan dengan itu kejenuhan selama di pondok pun harusnya mampu terusir”, Jelas Nurdiansyah.

Selain lomba Tilawah, Cerdas Cermat, Hifzil Quran, dan cabang perlombaan yang telah sering ditemui di beberapa kegiatan Gema Ramadhan, Panitia juga menambahkan beberapa item perlombaan yang bertujuan untuk mengevaluasi proses belajar mengajar santri selama ini, salah-satunya Baca Kitab.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang evaluasi bagi santri atas apa yang telah dipelajari selama ini, artinya mereka tidak hanya semata-mata berkompetisi sesama santri. Apalagi juri-jurinya juga adalah pengasuh dan Ustadz-ustadzah pondok”. Sambung Nurdiansyah.

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kegiatan ini kemudian juga dimaksudkan agar para santri tidak merasa jenuh dan bosan selama di pondok dikarenakan waktu libur yang masih panjang, hal senada kemudian disampaikan juga oleh Iftitah salah-satu santriwati PP DDI Al Ihsan kanang.

“Kegiatannya sangat menghibur dan bermanfaat juga tidak bosan ki di asrama karena harus sekolah di bulan puasa, jadi ramai terus pondok setiap malamnya”, Tutur Iftitah.

Acara yang terselenggara atas kerjasama Pengasuh pondok dengan KKN UNM Angkatan 18, Desa Batetangnga kemudian ditutup oleh Adnan Nota selaku pimpinan PP DDI Al Ihsan Kanang tentu dengan khidmat dan meriah. (pattae.comAme’)

Ziarah Kubur
Berkah Hari Ke 28 Ramadan: Ziarah Kubur Ala Islam Nusantara