Gubernur Sulbar Jeguk Sang Maestro Kesenian Tradisional Mandar, Cammana

Sang Maestro Kesenian Mandar
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saar menjenguk Cammana di Kediamannya di Limboro, Polewali Mandar, Kamis 3/9/2020 kemarin

PaTTaE.com – LIMBORO | Cammana, yang dijuluki sebagai sang maestro kesenian tradisional Mandar, diketahui sedang terbaring sakit di kediamannya sejak bulan lalu (8/20).

Mengetahui hal itu, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar langsung berkunjung ke rumah sang maestro seni tradisional Mandar tersebut di Kelurahan Limboro, Kecamatan Limboro, kabupaten Polewali Mandar, Kamis 3/9/2020 kemarin.

Melihat kondisi Cammana yang mulai memprihatinkan. Gubernur Sulbar berinisiatif mengajak perempuan penabu gendang tersebut, untuk dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan secara intensif. Namun, ia (Cammana) lebih memilih di rawat di rumahnya.

Sebagai solusi, Gubernur Sulbar meminta kepada Camat Limboro Haidir Jamal agar menghubungi salah satu dokter yang siap memberikan perawatan kepada Cammana.

“Hubungi dokter, supaya datang ke sini memberi perawatan. Beliau harus mendapat perawatan serius,” ungkap Ali Baal Masdar kepada Haidir Jamal di sela-sela kunjungannya.

Orang nomor satu di Sulbar tersebut dalam kunjungannya berharap, semoga kondisi Cammana segera membaik dan pulih dari sakitnya.  

“Sebagai hamba Tuhan, kita selalu berdoa diberikan yang terbaik. Bunda Cammana diberi kekuatan, diangkat penyakitnya, dan segera sembuh,” Harapnya

Sosok Cammana dikenal sebagai salah satu seniman tradisional yang bertalenta dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah.

Pengakuan tersebut berupa Satya Lencana Kebudayaan diberikan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) saat menjabat sebagai Presiden RI ke Enam.

Tidak sampai disitu, penghargaan sebagai Maestro Kesenian Tradisional juga ia dapat dari Menteri Pariwisata dan Kebudayaan.[*]