Gula Aren Jadi Alternatif Sebagai Penghasilan Dimasa Pandemi

Gula aren jadi
Suardi, Pelaku usaha gulan aren saat di temui di area produksinya, Minggu (22/11).

Gula aren jadi tumpuan hidup salah satu warga desa Kunyi Kecamatan Anreapi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya selama masa Covid-19 mewabah di Daerah Polewali Mandar.

Sebut saja Suardi, salah satu kepala keluarga yang mencoba menggeluti usaha pembuatan gula aren diakibatkan kurangnya sumber penghasilan lain untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dirinya telah memulai pekerjaan sebagai petani aren, diketahui sudah berjalan selama 4 sampai 5 bulan terakhir ini. Selain produksi gula aren, ia juga menggarap kebun miliknya.

Kita kerja kebun saja, tapi kalau begini tidak ada kerjaan lain, tutur Suardi saat ditemui, Minggu (22/11/20). .

Dalam mengelola cairan nira dari pohon aren menjadi gula, Suardi bisa menghasilkan 14 hingga 20 bungkus gula aren per hari. Dengan harga jual Rp.15.000 per bungkus.

Saat harga kebutuhan melonjak, ia biasa menjual gula aren jadi hingga Rp. 17.000 per bungkus yang biasa ia pasarkan ke warga setempat dan di pasar-pasar tradisional.

Selain itu, Suardi juga biasanya menjual barang dagangannya ke pengepul yang siap menada produksi gula aren miliknya.

Lastri, Salah satu warga setempat yang pernah menjadi pelanggannya tersebut mengaku, dari harga jual gula aren milik Suardi menurutnya sudah sesuai dengan kuliatasnya.

Kalau harganya sudah sesuai lah dengan kualitasnya, Ujar Lastri warga Desa Kunyi Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar.

Gulan Aren sendiri merupakan hasil olahan Nira dari Bunga jantan pohon enau yang dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu.

Setelah jumlahnya cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Kayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren yang sudah tua.

Bila nira sudah menjadi pekat dan terasa berat saat diaduk, gula aren pun sudah mulai terbentuk. Adonan pun sudah bisa diangkat dari tungku dan dicetak. Masyarakat setempat biasanya menggunakan tempurung kelapa sebagai wadah untuk membuat gula aren.

Penulis: Anggi*