Hadiri Peringatan Maulid Nabi & Peringatan HSN, Kapolres Polman Tekankan Pentingnya Kaderisasi Santri

Maulid Nabi
Kapolres Polman

Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 1445 Hijriyah sekaligus Peringatan Hari Santri Nasional 2023, yang di gelar pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Polman di Sarampu, Minggu (22/10/2023).

Sebagai momentum untuk menjadi insan yang berakhlak mulia bisa meneladani sosok Rasulullah SAW, Kapolres Polman menekankan untuk selalu menjaga kekompakan dalam berkhidmat di Nahdlatul Ulama.

Menurutnya, Siapa yang belajar agama itu adalah santri. Oleh karena itu, Kaderisasi harus dikawal betul bukan dalam lingkup santri tapi juga para guru (Kyai) agar tidak terjadi hal tang tidak diinginkan.

“Guna mempersiapkan calon-calon yang siap melanjutkan tongkat estafet perjuangan sebagai pewaris nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah, para santri diharapkan tetap belajar, ikuti syariat, aturan agar mereka bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan Negara,” Ujar Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono,

Menurutnya, peringatan Maulid Nabi yang diselenggarakan PCNU Polman ini perlu diapresiasi karena menjadi ikhtiar melalui doa-doa sekaligus mempertahankan tren positifnya di tengah dinamika Politik.

Selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat Wilayah Hukum Polres Polman, Agung berharap para santri dan alumni terus berkomitmen untuk membangun mental spiritual masyarakat, melalui misi penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang berkarakter. Sehingga dapat mewujudkan Polman Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Polman juga menggunting pita bertanda diresmikannya Gedung NUMart yang merupakan bantuan dari Kementrian Agama.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Katib PWNU Jateng Kyai Nasrullah Afandi, bahwa sebagai generasi pelanjut para santri diharapkan berakhlak, memiliki pola pikir intelektual, rasa Nasionalisme dan Idealisme.

Hal tersebut tidak hanya berlaku ke para santri tapi juga pada pembina santri (pendidik) agar mereka tidak kehilangan jati diri untuk terus menanamkan sosok Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Maulid tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Polman H. Natsir Rahmat, Ketua PCNU Polman, Anggota KPU Polman Munawir Arifin, Rektor Unasman Hj. Chuduriah Sahabuddin, serta toko agama lainnya serta ratusan santri dan warga sekitar.