Haidir Jalil Secara Aklamasi Terpilih Sebagai Ketua APDESI 2022-2027

Haidir Jalil
Foto Haidir Jalil Ketua Baru Apdesi Polman Periode 2022-2027

Kepala Desa Sabang Subik Kecamatan Balanipa, Haidir Jalil, baru-baru saja terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Periode 2022-2027.

Haidir terpilih secara aklamasi, setalah di usulkan 15 DPK pada Musyawarah Cabang (Muscab) Apdesi Polman ke IV yang berlangsung di Ruang Pola Pemkab Polman. Kamis (10/11/2022).

Fokus pertama yang akan ia lakukan pasca terpilih sebagai ketua Apdesi Polman, akan menyusun komposisi pengurus Apdesi yang baru menuju pelantikan.

“Sesuai dengan juknis AD/ART. Ketua terpilih itu, di berikan waktu 30 hari sejak terpilihnya sebagai Ketua, untuk menyusun pengurusan,” ungkapnya.

“Setelah pengurusan tersusun, lalu kita ajukan ke BPD untuk mendapatkan surat keputusan dari BPD, sembari menunggu waktu untuk pelantikan,” lanjut Haidir Jalil.

Meskipun demikian, terpilihnya sebagai ketua Apdesi Polman. Kades Sabang Subik tersebut, mengaku telah memiliki bayangan program yang akan ia laksanakan untuk membangun Desa.

Adapun bocoran program strategis yang rencananya akan ia jalankan di 5 tahun masa periodenya. Yaitu, membangun sinergitas, baik itu kepada pemerintah, maupun non pemerintah seperti, lembaga penegak hukum.

Hal itu ia program kan, untuk mengadvokasi Desa-desa yang terjerat masalah peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, salah satu Kades yang turut hadir dalam Muscab Apdesi Polman berharap, dibawah kepemimpinan Haidir Jalil, sebagai ketua Apdesi Polman. Bisa berjalan dengan baik dan berfungsi sesuai tugasnya.

“Betul-betul menjadi wada untuk seluruh Kepala Desa setiap ada persoalan. Apdesi bisa hadir memberikan jawaban,” ujar Hasbi, yang juga sebagai Kepala Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian.

Muscab Apdesi ke IV yang berlangsung di Ruang Pola Pemkab Polman. Dibuka langsung Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar, dan di hadiri para Kades se Kabupaten Polman.[*]