Hari AIDS Sedunia, HIV AIDS di Polman Tahun 2020 Bertambah 7 Kasus

hari AIDS Sedunia
Dinkes Polman peringati hari AIDS Sedunia dengan melakukan Tes kesehatan di ruang pertemuan Cafe Batistuta, Selasa (01/12)

Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar peringatan hari AIDS Sedunia dengan mengangkat tema “Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Solidaritas 10 tahun menuju akhir AIDS 2030”

Memperingati AIDS sedunia, Dinkes Polman melakukan tes HIV AIDS yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Di ruang pertemuan Cafe Batistuta Kelurahan Manding, Selasa (1/12/2020).

Peringatan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah peserta, mewajibkan peserta memakai masker dan mencuci tangan menggunakan handsanitizer serta menjaga jarak.

Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar Andi Suaib Nawawi mengungkap. Kasus penderita penyakit AIDS di Kabupaten Polewali Mandar bertambah tujuh kasus dari tahun sebelumnya(2019) sebnyak 28 kasus. Satu diantaranya dari kasus baru tersebut, terdapat seorang waria.

“Pendataan yang dilaksanakan itu, terdapat waria dan ibu rumah tangga yang positif HIV Aids,” ungkap KaDinkes Polman Andi Suaib Nawawi, Selasa (01/12).

Hal yang sama juga disampaikan penanggung jawab program HIV AIDS Dinkes Polman Yusriani. Kata dia adanya penambahan kasus pengidap HIV AIDS di Polman menjadi 35 orang tahun 2020. Baru 11 orang yang berobat.

“Dari tujuh kasus baru tersebut ada satu orang yang meninggal dunia dan sebelumnya ada juga yang berobat di Kabupaten Mamuju,” jelas Yusriani.

Yusriani juga menjelaskan, seorang penderita jika masih dalam tahap HIV (Human Immunodeficiency Virus) tidak menimbulkan gejala sama sekali. Virus yang merusak sistem kekebalan tubuh tersebut, baru diketahui setelah dilakukan pemeriksaan darah.

Adanya stigma dari masyarakat yang menjauhi seseorang yang positif mengidap HIV. Kata Yusriani, tidak perlu menunjukkan sikap tersebut, sebab HIV tidak menular kepada orang lain.

“Yang perlu dihilangkan dari masyarakat. Bahwa, penderita HIV tidak perlu dijauhi karena penyakit ini tidak menular seperti penyakit lain seperti TB kecuali tahap AIDS.” jelasnya.

Pada momentum hari AIDS Sedunia Ka Dinkes Polman mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak melakukan praktek seks bebas. Karena, menurut Suaib, permasalahan HIV AIDS saat ini, sudah masuk ke tatanan ibu rumah tangga.