Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Lapas IIB Polewali Razia Para Napi

Kalapas IIB Polewali, Abdul Waris
Kalapas IIB Polewali, Abdul Waris

Dalam rangka peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Polewali Mandar, melakukan razia dan menggeledah hunian warga binaan, Selasa 6/4/2021 malam hari.

Kalapas IIB Polewali, Abdul Waris mengatakan, razia dilakukan untuk mencegah masuknya benda-benda tajam dan terlarang seperti Pisau dan Narkoba.

“Kita diperintahkan oleh Dirjen untuk melakukan razia bersama aparat hukum untuk memastikan lapas tidak ada barang terlarang yang masuk khususnya Narkoba dan Senjata Api,” Kata Abdul Waris

Selain melibatkan internal penjaga lapas, juga terdapat unsur kepolisian Polres Polman dan TNI Kodim/1402 Polmas, serta dari BNNK Kabupaten Polman ikut dalam penggeledahan tersebut.

Setelah melakukan penggeledahan, petugas tidak menemukan Narkoba dan HP. Petugas hanya menemukan peralatan seperti Katter, Gunting, Kaca, Sendok Besi yang Napi gunakan untuk membuat kerajinan.

“Mungkin dia nda mau repot begitu bubar dia tidak simpan di kotaknya. Masuk ke kamarnya untuk dipake apakah ada jeruk nipis atau apakah. Jadi, barang itu kalau didapat dikembalikan di tempat kerajinan,” Ujar Kalapas kelas IIB Polewali.

Selain razia insidentil, pihaknya juga mengaku rutin melakukan penggeladahan di lapas sebanyak 1 kali dalam seminggu.

” Ada dua razia ini ada insidentil. Ada memang yang di program, jadi nda lama dikamar didapat lagi karena kita rajin razia,” jelasnya.

Pihak Lapas Kelas IIB Polewali mengeluhkan daya tampung yang sudah over kapasitas. Dimana, Lapas IIB Polewali hanya mampu menampung 250 Napi. Tapi kenyataannya, jumlah Napi saat ini berjumlah  428 orang, dan kasus Narkoba paling banyak 270 lebih orang.