Hari Juang Kartika, Kodim 1402 Polman Lakukan Kegiatan Donor Darah

kegiatan donor darah, Kodim 1402 dan PMI Polman
kegiatan donor darah, Kodim 1402 dan PMI Polman

Hari Juang Kartika | Kodim 1402 Polman  bekerja sama denga PMI Polman lakukan kegiatan donor darah dalam peringatan momentum hari juang kartika TNI AD di Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Senin (09/12/2019).  

Kegiatan tersebut merupakan program tahunan  Kodim 1402 Polman dalam momentum Hari Juang Kartika TNI AD. Setiap tahunnya, Kodim polman 1402 mengadakan dua kegiatan, diantaranya Karya Bakti dan Bakti Sosial.

”Kegiatan ini adalah kegiatan dalam rangka memperingati hari Juang Kartika TNI AD. Jadi kami dari Tim Kodim 1402 Polman, setiap dalam memperingati Hut Hari Juang TNI AD. selalu mengadakan kegiatan seperti ini” Ungkap Poniman (Kapten Infantri Kodim 1402 Polman).

“Kegiatan pertama kami itu karya bakti yang sudah kami selenggarakan, dan kegiatan Donor Darah ini masuk ke kegiatan BAKSOS kami” Tambahnya.

Bakti sosial donor darah dalam momentum hari juang kartika tersebut diikuti Anggota Kodim 1402 Polman dan masyarakat setempat. Pihak Kodim 1402 juga telah merencanakan kegiatan tersebut dipusatkan di markas Kodim 1402 Polman. Namun pihak PMI telah memiliki jadwal kegiatan, sehingga pihak kodim mengikut di jadwal PMI Polman tersebut.  

“Awalnya kegiatan donor darah ini kami pusatkan di Kodim, Tapi setelah kami konfirmasi ke pihak PMI Polman ternyata pihak sana sudah ada jadwal mulai senin ini, besok dan lusa di setiap kecamatan di polman, jadinya kami bergabung kesini” Jelas Kapten Infantri Kodim 1402 Polman.

Kegiatan baksos donor darah yang digelar pada momen hari juang kartika TNI AD tersebut, pihak PMI Polman mengonfirmasi, sampai sejauh ini pendonor sudah mencapai 24 orang. Baik dari kalangan Anggota Kodim maupun dari Masyarkat setempat.

Muhlis yang bertugas dibidang UTD PMI Polman menjelaskan, ”sampai sejauh ini kegiatan lancar-lancar saja, dan pendonor sudah mencapai 24 orang yang dimana terdiri dari Anggota Kodim dan Masyarakat setempatJelasnya.

“Jadi sebelum melakukan transfusi darah kami dari pihak PMI Polman mengadakan pemeriksaan terlebih dahulu. Karna kalau ada yang tidak memenuhi syarat untuk mendonor kami tidak terima, dan setiap pendonor mendonorkan 1 kantong darah saja” Tutupnya.

Momentum hari juang kartika TNI AD, dalam Kegiatan Donor darah tersebut bertujuan untuk memberikan penyegaran atau kesadaran masyarakat agar lebih giat dan mengetahui akan pentingnya Donor darah.

Masrullah sebagai Camat Anreapi sangat mendukung penuh adanya kegiatan Donor darah tersebut. ”kegiatan Donor darah ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Saya selaku pemerintah setempat sangat mendukung penuh dengan adanya kegiatan ini” Jelasnya.

“Kita juga ketahui bahwa sekantong darah itu menyelamatkan 1 nyawa, dan semoga kedepannya terus berlanjut” Tutup Masrullah. [pattae.com]

Penulis: Nurwasila*

Sensus Penduduk 2020
Sensus Penduduk Tahun ini (2020), BPS Selenggarakan Secara Online