Peringati Hari Peduli Sampah, Pemerintah Membersihkan Area Pantai Sappoang

Aksi Bersih-bersih pada Hari Peduli Sampah
Aksi Bersih-bersih pada Hari Peduli Sampah

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar memperingati Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020 dengan aksi bersih-bersih di area pantai Sappoang, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Kamis (12/3/20).

Kegiatan yang bertema ‘’Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera” ini,  sebelumnya menggelar apel pagi yang dipimpin langsung Wakil Bupati Polewali Mandar, sebelum kegiatan bersih-bersih pantai dilaksanakan.

Peserta apel pagi dihadiri para Tim Orange, Satuan Polisi Pamong Praja, Guru beserta siswa se Kecamatan Binuang. Selain itu, pegawai BRI, Mahasiswa, Relawan Pecinta Alam, serta masyarakat setempat juga hadir dalam apel tersebut.

Selaku pemerintah Polewali Mandar, Wakil Bupati M. Natsir Rahmat mengatakan, dengan melakukan aksi bersih-bersih pada momentum hari peduli sampah, Polewali Mandar (Polman) menjadi lebih bersih.    

 ‘’Yang kita harapkan Kabupaten Polman lebih bersih lagi dimasa-masa yang akan datangKata Wakil Bupati Polman.

“Itulah harapan satu-satunya harus bersih Polman tetap jago…..! jago….! jago…!’’ Kata Wakil Bupati Polewali Mandar”. Lanjutnya

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar selaku penyelenggara Hari Peduli Sampah, menjadikan pantai Sappoang sebagai titik aksi bersih-bersih guna tetap menjaga kebersihan dan kelestarian pantai sebagai salah satu objek Wisata Polman.   

‘’Sampah itu jangan dibuang sembarang agar tetap bersih. Jangan hari ini saja, harus tetap bersih apalagi kita sudah mendapat Adipura. Jadi, kita harus pelihara agar bersih,’’ Ucap Hj Rahmin Ka DLHK Polewali Mandar.

Lain halnya dengan Lurah Amassangan Abdul Majid sangat merespon dan mengapresiasi kegiatan Hari peduli Sampah Nasional yang diadakan di daerah yang ia pimpin. Sebagai pintu gerbang Polewali Mandar dari arah selatan, ia juga mengatakan, pantai Sappoang menjadi pemandangan yang indah saat memasuki daerah Polman.

Harapan saya selaku pemerintah atau kepala kelurahan Amassangan harapan saya itu semoga kegiatan yang seperti ini jangan Cuma sampai disini, kalau bias berkelanjutan.’’ Tutur  Abdul Majid.

Tanggapan Warga pada Hari Peduli Sampah

Pada momentum Hari Peduli Sampah tahun 2020, masyarakat Sappoang merespon dengan positif kegiatan tersebut dengan sadar, menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya area pantai Sappoang.

Menurut saya ini sangat positif sekali yah..! Kenapa, karena sebelum-sebelumnya dipantai Sappoang ini, sudah menjadi rahasia umum bahwa bisa dikatakan jorok (maaf) tapi kenyataannya memang seperti itu”. Ungkap Relawan Pecinta Lingkungan yang biasa disapa Denny kepada kontributor pattae.com  

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, mudah-mudahan bisa menyadarkan masyarakat bahwa menjaga kelestarian lingkungan itu sangat penting karena antara kebersihan dan kesehatan itu sangat bersinergi”. Jelasnya

 Jadi, mudah-mudahan masyarakat yang ada dilingkungan Sappoang, Tandakan danTandakan Baru bisa sedikit sadar untuk tetap menjaga kebersihan pantai khususnya dipantai sappoang ini.’ Harapnya

Hari Peduli Sampah yang biasanya diperingati tiap tahunnya pada 21 Februari sebagai hari memperingati peristiwa yang terjadi di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Leuwigajah, Cimahi Jawa Barat pada tahun 2005 lalu. Saat itu, tumpukan sampah meledak akibat gas metana dan menelan korban jiwa hingga ratusan orang. [pattae.com/Sulfa]*   

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar berfoto bersama Delegasi dari negara Timur Leste saat Penutupan PIFAF 2019 Polewali Mandar
Berlangsung Seminggu, PIFAF Resmi Ditutup Bupati Polman