Membaca Buku Dapat Pengaruhi Perilaku Sosial

Membaca Buku
Membaca Buku

Mumpung masih suasana memperingati hari buku Nasional yang jatuh pada 23 April, admin sedikit ingin berbagi informasi tentang manfaat membaca buku.

Salah satu penelitian dari Kingston University, London, Inggris mengemukakan, mereka yang giat membaca buku cenderung memiliki sikap yang baik. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan sampel sebanyak 123 orang yang akan diuji berdasarkan kemampuan interpersonal.

Kemampuan interpersonal yang diuji mengenai sikap toleransi terhadap orang disekitar, dan kemampuan beradaptasi pada lingkungan yang baru. Pada penelitian tersebut, mencoba membandingkan dengan orang yang gemar menghabiskan waktu dengan menonton TV.

Hasil penelitian tersebut menyatakan, orang yang lebih suka baca buku, lebih memiliki empati terhadap orang lain dibanding mereka yang hobi menonton TV. Namun, tidak semua pembaca buku memiliki hasil yang sama. Jenis buku yang dibaca, memiliki peran penting tuk mempengaruhi perilaku sosial si pembacanya.

Pada penelitian yang dilakukan, pembaca yang disurvei adalah orang yang hobi membaca buku-buku fiksi ilmiah, dan novel romantis. Pembaca buku fiksi memiliki perilaku sosial yang baik, dan pembaca buku novel memiliki empati terhadap orang lain.

Selain berdampak pada perilaku sosial kita, terdapat juga beberapa manfaat lain dari kebiasaan membaca buku. Berikut admin ulas manfaat tersebut:

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Ada suatu kutipan yang bunyinya seperti ini “Tak ada seorang penulis yang malas membaca buku”. Semua penulis tentu bukanlah orang yang malas membaca. Mereka adalah orang-orang yang kuat bacaan bukunya.

Jika anda ingin menjadi seorang penulis, membaca merupakan ramuan jitunya. Karena dengan membaca buku, bukan hanya mampu menambah wawasan. Namun, juga mampu meningkatkan kemampuan anda tuk menulis, apapun itu.

Dengan membaca buku, maka secara otomatis anda akan mengikuti alur penulisan sang penulis tersebut, dan terkadang mengutip apa yang ditulisnya. Selain itu, ide tentang apa yang anda akan tulis, juga lahir dari membaca.

Menambah Wawasan

“Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang menyejarah. Namun bagaimana kita bisa tahu sejarah, jika kita tidak membaca? Hidup yang berkaki kuat adalah hidup yang tidak sempit dan berani menjelajah. Namun bagaimana kita tahu akan yang luas, dan inspirasi untuk penjelajahan, jika kita tidak membaca?”. Sindhunata, budayawan

Buku menjadi bagian terpenting dari berkembangnya sains dan teknologi di zaman sekarang. Dengan buku ilmu-ilmu mampu diterapkan di kehidupan yang efeknya bisa mengubah dunia. Sehingga munculah istilah buku adalah jendela dunia.

Sebagai jendela buku, buku mampu membuat pembacanya banyak wawasan. Buku tidak mengenal geografis. Walaupun sedang berada di Indonesia, dengan membaca buku bisa mengetahui perkembangan yang ada di Negara lain.

Selain itu, dengan membaca buku anda akan mampu menemukan berbagai solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan. Jadi, mari kita membaca.

Mengembalikan Suasana Hati

“Saya ini enggak punya pacar. Teman main saya cuma buku dan bola” Gus Dur, Presiden keempat Indonesia.

Begitulah Gus Dur menjadikan buku sebagai teman dalam kesehariannya yang mampu menghibur dirinya.

Membaca buku, tidak hanya membuat kamu berwawasan dan memiliki pikiran yang luas. Namun, juga mampu membuat anda terhibur saat membacanya. Sehingga, banyak jenis tulisan pada buku, seperti novel, komik, puisi hingga sains lahir.

Nah, untuk anda yang sering galau, atau merasa kesepian, cobalah tuk membaca buku sebagai media hiburan anda.

Oke, mungkin cukup itu saja yang admin bisa bagi. Jangan lupa, membacalah agar anda dapat berjalan dengan baik, dan menemukan solusi-solusi jitu dalam menjalani kehidupan. (pattae.com/)*


Penulis: Bustamin*
Photo: Iwank*
Source: Independent

Menuntut Kasus Penebangan Liar, Warga Batetangnga Melakukan Aksi