Himagro Unasman Lakukan TOF untuk Melahirkan Para Agroteknonlogi

Pelatihan Agroteknologi
Pelatihan Agroteknologi HMJ Himagrotek Unasman

PaTTaE.com – POLMAN | Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agroteknologi Universitas Al Syariah Mandar (Unasman) melaksanakan Training of fasilitator (TOF) guna melahirkan sumber daya manusia yang bergerak di bidang Agroteknologi.   

Sekretaris HMJ Himagrotek Unasman membuka secara resmi kegiatan traning tersebut yang berlangsung di BTN Pesona Taman Madatte Polewali Mandar, Selasa 04/8/2020.

Kegiatan yang terdiri dari 20 peserta, bertujuan agar para anggota Himagrotek Unasman dapat menjadi fasilitator baik di ruangan maupun di lapangan.

“Mengasah shoftskill kader Himagrotek Unasman di dunia kefasilitatoran,” tutur Muh Iqbal Halim selaku Ketua HMJ Himagrotek Unasman.

Sebagai ketua HMJ Muhammad Iqbal Halim berharap ilmu yang didapat dalam training dapat menjadi bekal bagi kader Himagrotek nantinya yang bergerak langsung dilapangan.

“Kegiatan ini sangat penting adanya untuk kader Himagrotek Unasman yang notabenenya merupakan orang-orang lapangan sebagai bekal untuk menjalankan segala aktivitas. Baik itu menyangkut proses akademik di kampus, lembaga (Himagrotek) itu sendiri. Serta  pada saat teman-teman sudah menyelesaikan pendidikan di UNASMAN dan sudah kembali ke desa atau saat melakoni suatu pekerjaan,” terangnya

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu (4 s/d 7/8). Menggunakan dua metode dlam training tersebut yaitu, dengan berceramah atau andragogi.

Sebagai peserta Muhammad Supri mengaku mempersiapkan diri mengikuti training dengan mengumpulkan referensi terkait materi TOF.

“Karena metode yang digunakan adalah Pendidikan Orang dewasa (Andragogi). Jadi sebagai peserta, saya harus punya bahan untuk mengikuti kegiatan TOF ini,” tuturnya

Selain itu ia juga berpendapat, TOF yang di ikutinya  menurutnya sangat berguna. Baik  untuk bekal saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN), maupun setelah menyelesaikan pendidikan.[*]