Ibu PKK Mirring Manfaatkan Pekarangan untuk Program Ketahanan Pangan Desa

Ketahanan pangan desa
Ibu PKK mendapat arahan dari Kades Mirring Sebelu Penanam dilakukan

Mensukseskan kegiatan pemerintah Desa Mirring dalam program ketahanan pangan dan hewani. Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mirring memanfaatkan pekarangan yang masih kosong untuk ditanami berbagai jenis sayuran dan cabai.

Penanaman perdana di laksanakan ibu PKK di Dusun Silopo Desa Mirring. Dihadiri  Kepala Desa, pendamping Desa, mahasiswa KKN Universitas Negeri Makassar (UNM) dan masyarakat setempat, Rabu 12/10/2022.

Sebelum penanaman, Kepala Desa Mirring Sarianto, memberikan sedikit arahan kepada para  Ibu PKK. Dalam arahannya, Ia mengatakan, pemanfaatan pekarangan rumah merupakan program pemerintah desa yang wajib di laksanakan sesuai arahan Kementerian Desa.

“Apa yang di lakukan oleh ibu PKK hari ini, adalah program ketahan pangan dan hewani. Jika ini di anggap sukses, maka kita akan usulkan di masukkan di RKPDesa untuk tahun anggaran 2023,” ungkapnya.

Pada program ketahanan pangan dan hewani, pemerintah desa mengalokasikan aggaran sebesar 20% dari Dana Desa. Anggaran tersebut sebagian di alihkan untuk pembangunan jalan tani.

“lanjutnya ia mengatakan bahwa 20% dana desa sebagian kita alihkan ke jalan tani untuk memudahkan petani menganggut hasil taninya,” kata Sarianto.

Senada dengan itu, Pendamping Lokal Desa Ridwan, yang turut hadir mengapresiasi kegiatan para ibu PKK tersebut. Ia mengatakan, program ketahanan pangan dan hewani, tidak hanya wajib di Desa Mirring. Tetapi, sesuai arahan dari Kementerian Desa. Seluruh desa di Indonesia melaksanakan program ketahan pangan dan hewani dengan mengalokasikan 20% anggaran Dana Desa.

”Apresiasi yang setinggi tingginya kepada Ibu PKK dusun Silopo yang mau memanfaatkan lahan kosong yang dekat rumah menjadi bermanfaat dengan tanaman sayuran dan cabi,” lanjut Ridwan”

Pemerintah Desa Mirring dalam Mendukung program ketahanan pangan dan hewani, sejumlah bantuan bibit Cabai telah tersalurkan kepada kelompok tani Desa Mirring di tiga Dusun. Selain itu, dalam  waktu dekat, Pemdes Mirring akan menyalurkan pupuk dan racun kepada para kelompok Cabai.[*]