Ikan Sidat Kaya akan Manfaat bagi Kesehatan

Ikan Sidat Hasil Pancingan Warga Polman
Ikan Sidat Hasil Pancingan Warga Polman. Photo: Chamote

Kabar baik untuk para penikmat ikan sidat. Selain “mantap jiwa” saat disantap dengan racikan rempah-rempah khas nusantara, Ikan satu ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.  

Ikan sidat merupakan jenis ikan air tawar yang masih sepupuan dengan Belut. Bertubuh licin dan memanjang menyerupai ular, adalah cirri-ciri keduanya. Hanya saja, perbedaan antara Sidat dan Belut, bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh sidat, bisa lebih besar, hingga sebesar paha orang dewasa dibanding dengan Belut.

Selain itu, perbedaan kedua jenis ikan yang kaya manfaat ini, juga bisa dilihat dari tempat perkembangbiakannya. Belut sering dijumpai di lumpur dan area pesawahan, sedangakan ikan sidat, sering dijumpai di sungai.

Ikan sidat menjadi santapan favorit warga Polewali Mandar, khususnya di tanah Pattae. Mereka biasanya mengisi waktu luangnya dengan memancing Sidat di sekitaran sungai dengan menggunakan cacing sebagai umpannya.

Terkadang juga menggunakan racun ikan (non kimia) yang terbuat dari akar dan buah tanaman hutan yang mereka sebut “Kamande”. Mereka juga menyebut ikan Sidat ini dengan nama “Masapi”.

Bila anda salah satu penikmat berat Ikan sidat (Masapi), berikut kami rangkum untuk anda beberapa manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan.

Memiliki Kandungan Protein

Protein yang terkandung pada ikan sidat, dengan asupan yang cukup bermanfaat tuk menjaga kesehatan tubuh, menambah stamina, dan terhindar dari gizi buruk. Selain kandungan protein, jenis ikan ini juga mengadung Omega 3, Zat besi, serta vitamin seperti vitamin K, A, D, dan E.

Bagi yang penglihatannya bermasalah, disarankan tuk mengkonsumsi ikan sidat tersebut, karena didalamnya mengandung vitamin A yang baik untuk penglihatan. Dan untuk yang selalu merasa loyo, segera konsumsi ikan ini.  

Menambah Kecerdasan Otak

Dengan memiliki kandungan Protein, Gizi dan vitamin. Ikan sidat dipercaya mampu meningkatan kecerdasan otak, baik anak-anak, remaja maupun yang tua-tua (orang dewasa). Asupan nutrisinya amat baik membuat otak lebih encer lagi.

Bukan hanya itu, dengan mengkonsumsi ikan sidat, juga dapat membantu menjaga perkembangan otak dan mampu mengobati pembulu darah yang terdapat dalam otak.

Sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar dan para pekerja supaya pikirannya lebih jernih dan meningkat stamina tubuh. Untuk para pelajar dan mahasiswa, jangan sepenuhnya mengandalkan sidat tuk menambah kecerdasannya. Anda juga harus belajar, untuk meningkatkan kecerdasan otak-nya.

Mencengah Kekakuan pada Pembulu Darah

Manfaat berikutnya ini, sangat berguna dalam mencegah terjadinya serangan stroke dan jantung atau arteriosklerosis yang disebabkan karena pembulu darah dalam tubuh kita menjadi kaku. Hal ini, janganlah dibiarkan terjadi pada diri anda. Segeralah menceganya dengan mengkonsumsi sidat dengan asupan yang teratur.

Gimana..? Banyak kan, manfaat bila mengkonsumsi ikan sidat. Tunggu apa lagi, segeralah mencari ikan tersebut. Kalo sudah dapat, jangan lupa, bagi juga lah.. ke admin pattae.com. Hehehe..!(TaTo)*

Relawan memberikan bantuan logistik kepada petugas di posko pemeriksaan covid 19
Relawan Salurkan Bantuan Logistik ke Posko Pemeriksaan Covid-19