Ikut Pagelaran Internasional di Turki, 10 Siswa SMAN 03 Polewali Ikuti Proses Pembuatan Easy Paspor

Pagelaran Internasional
Sejumlah Siswa SMA Negeri 3 Polewali yang akan mengikuti Pagelaran Seni Internasional di Turki, sedang mengikuti proses pembuatan Easy Paspor yang dilaksanakan pihak Migrasi Polman

Beberapa Siswa SMA Negeri 3 Polewali yang tergabung dalam sanggar seni Pasatippo, sedang mempersiapkan kelengkapan pembuatan Paspor yang difasilitasi pihak Migrasi Polman, Rabu (02/02/2022). Pembuatan Paspor tersebut dalam rangka mengikuti pagelaran Internasional yang akan diselenggarakan di Istanbul, Turki tahun 2022.

Mereka rencananya akan mewakili Indonesia dan Provinsi Sulawesi Barat pada pagelaran internasional Festival Franchise Istanbul dan Bazar and Mini Festival Between Municipality Of Selcuk Town and Indonesia, yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan UKM di Turki.

“Awalnya akan tampil di Dubai namun seiring waktu ada perubahan sehingga dialihkan ke Turki,” tutur Kepala SMAN 3 Polewali, Abbas, Rabu (02/02).

Siswa SMAN 3 Polewali yang akan berangkat mengikuti festival internasional tersebut. Pihak sekolah telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada 10 siswanya. Untuk mewakili Indonesia ke luar Negeri bersama sanggar seni dari Provinsi lain.

Mendukung penuh keberangkatan siswanya mengikuti pagelaran berskala internasional, Abbas, mengaku akan memfasilitasi berupa uang transport kepada 10 siswa nya tersebut. Untuk berangkat ke Jakarta, pada 25 Februari 2022 mendatang.

Selain siswa dari sanggar seni Pasatippo SMAN 3 Polewali, sanggar Tie-Tie dan Sipakaraya dari SDN 005 Campalagian. Juga nampak ikut pembuatan Paspor  yang dilaksanakan di ruang Lab Komputer SMAN 3 Polewali.

Pembina Sangar Tie-tie Andi Idham Jasin, mengungkapkan, jumlah keseluruhan yang berangkat pada 25 Februari 2022 mendatang, sebanyak 25 orang dan pendamping 7 orang.

Sementara itu, jenis layanan pespor yang diberikan kepada siswa tersebut, pihak Migrasi Polman merupakan pelayanan easy paspor, atau paspor kolektif.

“Easy paspor ini dilaksanakan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Cukup memasukkan permohonan dan kita berkunjung. Ini sudah berjalan sejak 2021,” ungkap Made Hare Susanta, Kasubsi dokumen perjalanan Imigrasi Polewali.

Pelayanan easy paspor dari Direktorat Imigrasi ini, dikarenakan adanya permohonan yang dimasukkan pihak sekolah.[*]