Info Menarik Tentang Kopi dan Khasiatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kopi Hitam kaya manfaat
Kopi Hitam kaya manfaat

Halo guys, Sadar tak sadar, ternyata  si hitam satu ini  megandung banyak  khasiat bagi tubuh anda lhooo.! Pengen tahu Iinfo menarik tentang kopi apa aja? Berikut ulasannya.!

Kopi, selain rasanya yang nikmat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh, kini ia sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang,! Hal itu di tandai dengan banyaknya keda-kedai kopi yang ada di Indonesia.  

Kini banyak kedai-kedai menyajikan pilihan kopi yang siap anda nikmati, mulai dari kopi khas daerah (singel origin), kopi hitam sampai pada kopi yang sudah di campur dengan bahan pemanis lainnya. Seperti kopi susu, coffeelatte dll.

Untuk mendapatkan khasiat dan merasakan nikmatnya kopi Indonesia. jangan khawatir guys,! karena sekarang banyak kedai yang menyajikan kopi khas daerah masing-masing. Salah satunya adalah kedai Galeri Kopi Kaleok yang di kelola oleh pemuda Pattae, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Iinfo menarik tentang kopi lainnya!

Guys! Indonesia ternyata salah satu negara penghasil kopi dengan kualitas biji terbaik di dunia lhoo.  Salah satu dari sekian pulau penghasil kopi di Indonesia adalah pulau Jawa, Sumatera dan tentunya pulau Sulawesi (Sulawesi Barat dan Selatan). Lanjut ya.

Apasih hubungan kopi dengan kesehatan tubuh?

Minum kopi yang rutin dan wajar, bisa membuat seseorang lebih berumur panjang. Faktanya, Meminum kopi berhubungan dengan menurunnya resiko kematian bagi laki-laki sebesar 20% dan perempuan sebesar 26%. karena mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terserang penyakit.

Data tersebut sesuai dengan penjelasan dr. Theresia Rina Yunita atau yang kerap di sapa dr. There.

Seperti yang telah di jelaskan di atas, berikut ini beberapa khasiat meminum kopi secara rutin bagi kesehatan tubuh anda, mau tahu? Lanjutkan baca.!

Kopi Sumber Antioksidan yang Baik

Awal didapatkannya tanaman kopi yang dulunya berasal dari Ethiopia, penduduk dunia beramai-ramai menjadikan biji kopi sebagai ekstrak yang dapat diminum. Kopi dianggap sebagai sumber antioksidan yang penting untuk ketahanan tubuh.

Menurut Beth Witherspoon, asal Amerika Serikat sebagai seorang konsultan diet. Menyatakan, bagi setiap orang yang meminum kopi secara rutin, dapat menurunkan risiko terserang penyakit diabetes tipe 2, demensia, sirosis, parkinson dan jenis kanker.

Bahkan beberapa ahli menyebut kopi sebagai “Obat ajaib” karena dapat mencegah penyakit seperti yang di jelaskan diatas.

Penting untuk kita pahami. mengonsumsi black coffee (kopi hitam), merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat kopi.  Agar antioksidan yang terdapat pada kopi dapat bekerja lebih baik bagi tubuh anda.

Mencegah stres

Kafein yang terkandung didalam kopi dapat berhubungan dengan otak secara langsung. hal ini terbukti dapat menambah kewaspadaan, konsentrasi, menjaga emosi, terhindar dari fikiran negaitiv dan menjaga suasana hati agar tetap baik.

Harvard School of Public Health telah melakukan studi pada 2013. Menemukan, bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi sebanyak 2 sampai 3 gelas per hari, bisa menurunkan 45% risiko bunuh diri. Sebab pengaruh stimulan kafein yang dapat menambah suasana hati.

Menjaga ingatan agar tetap sehat

Iinfo menarik tentang kopi saat di minum, selain dapat mencegah stres, ternyata juga dapat menambah kualitas memori seseorang yang mengkonsumsinya. Pernyataan ini telah teruji oleh sebuah studi yang telah dilakukan.

Dalam jurnal Nature Neuroscienc. Menjelaskan, kafein dapat meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia, sehingga dapat menambah kinerja seseorang dalam jangka waktu 24 jam.

Iinfo menarik tentang kopi bagi performa atletik

2-6 mg kafein per kilogram berat badan, merupakan jumlah yang disarankan untuk menambah produktivitas anda. sehingga Kafein murni yang terkandung dalam biji kopi dapat menambah kinerja fisik seseorang terutama pada kemampuan daya tahan (aerobik).

Olehnya, kafein mampu menambah performa atlit selama latihan dalam jangka pendek maupun panjang. Selain itu kandungan kafein dalam kopi dapat “membunuh” adenosine, sehingga saat beraktivitas anda akan merasa bersemangat sepanjang waktu.

Bagaimana,! apakah sekarang anda lebih cinta dengan kopi?  Sekarang kalian pasti sudah cukup tahukan, khasiat mengonsumsi kopi secara rutin bagi tubuh anda.

Catatan nih guys,! kafein yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh, juga belum tentu baik lohh bagi kesehatan kita. Maka minumlah yang sewajarnya, atau kalian bisa mengikuti petunjuk takaran yang telah dijelaskan seperti diatas, Terimakasih sampai jumpa.(Pattae.comIwank)

UPTD Puskesmas Anreapi Mengadakan Loka Karya Lintas Sektor membahas perkembangan penanggulangan kesehatan masyarakat
UPTD Puskesmas Anreapi Mengungkap 4 Masalah Kesehatan Warga