Isi Pidato Bupati di HUT ke 61 Kabupaten Polewali Mandar

Pidato Bupati Polewali Mandar
Bupati Polewali Mandar di peringatan Hari jadi Kabupaten Polewali Mandar ke 61 di Ruang paripurna DPRD Polman, Selasa (29/12)

Peringatan hari jadi Kabupaten Polewali Mandar ke 61 tahun. Diselenggarakan di gedung DPRD Polewali Mandar dengan membatasi tamu undangan mengingat, masa pandemi belum menunjukkan akan berakhir.

Pada peringatan HUT ke 61 Polewali Mandar. Pemerintah mengusung tema ‘Kolaborasi dan Integrasi di Era Digital untuk Polimandar Maju Rakyat Sejahtera’.

selain itu,  hari jadi Polewali Mandar yang jatuh pada 29 Desember tersebut, Bupati Andi Ibbrahim Masdar dalam pidatonya, paparkan capaian keberhasilan kabupaten Polewali Mandar dihadapan para tamu undangan.

Berikut ini penggalan kutipan pidato Bupati Polewali Mandar. Pada peringatan HUT ke-61 Polewali Mandar di Ruang Paripurna DPRD Polewali Mandar, Selasa 29/12/2020.

Tepat di usia 61 tahun ini pemerintah kab Polman telah berhasil menorehkan serangkaina prestasi : di bidang pembangunan mislanya, di sisa tahun ini kita akan segera mencapai 64% jalan dengan kondisi mantap yang tahun 2015 hanya berada diangka 21%.

Di sektor ekonomi, laju inflasi pada tahun ini juga mengalami penurunan yang sangat signifikan. Begitupun dengan IPM Polman Tahun ini mencapai 63.74 % mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dengan kinerja IPM tertinggi di sulawesi barat yang menyentuh angka 3,65. Hal ini berdampak pada tingkat kemiskinan yang terus merangkak turun, yang pada tahun 2015 mencapai 18,22% tahun ini tinggal menyisakan 15.6% dengan angka penurunan mencapai (minus) -2,32% dengan trend penurunan terbaik di Sulawesi Barat. Hal ini mempertegas status kab Polman keluar dari status Daerah tertinggal.

Dari sektor pertumbuhan ekonomi lagi-lagi kab. Polman mendapatkan peringkat terbaik di Sulawesi Barat dengan capaian 6,17% jauh diatas rata-rata provinsi sulawesi barat yang hanya menyentuh angka 5.22%. Dari sektor tingkat pengangguran terbuka (TPT) kab Polman kembali menjadi yang terbaik di Sulawesi Barat.

Disektor pertanian Polman merupakan penyangga utama produksi padi di Sulawesi Barat yang produksinya melebihi akumulasi seluruh produksi padi semua kabupaten lain di wilayah ini. Skor pola harga pangan (PPH) Juga menyumbang angka yang sangat tinggi mencapai 54.55% dari seluruh PPH yang ada di sulawesi barat. Dari sektor pariwisata Polewali Mandar menyumbang 48% atau hampir separuh wisatawan yang mengunjungi sulawesi barat menjadikan Polman sebagai destinasi mereka.

Dari sektor Pemerintahan kita telah meraih 92 penghargaan dari berbagai bidang, dari tingkat Nasional oleh lembaga setingkat Menteri sampai ke penghargaan level internasional, tahun ini Polman medapatkan 5 penghargaan yang sangat bergengsi, diantaranya. SAKIP dengan nilai BB dan menjadi yang terbaik di sulawesi selatan dan barat. Meraih award sistem pemerintahan berbasis elektronik, meraih predikat WTP yang ke 4 kali secara beruntun dari BPK-RI. Piagam penghargaan pembangunan daerah, dan terakhir mendapatkan TPID award untuk kategori pengendalian inflasi. Serta indonesia award dari stasiun televisi nasional untuk kategori pelayanan publik terbaik dimasa pandemi covid-19.

Serangkaian prestasi itu diharapkan dapat menjadi kado bagi masyarakat Polman dimasa yang serba sulit ini.

Khusus kepada seluruh jajaran Pemerintah kabupaten Polman saya ingatkan, usia 61 Tahun Polman akan menjadi catatan sejarah yang dikenang sepanjang masa, dan kita adalah bagian darinya. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah adalah janji kemerdekaan yang menjadi tanggung jawab konstitusional pertama dan terutama bagi kita. Tak boleh ada keraguan di dalamnya, keselamatan dan kesehatan rakyat ada di atas segala urusan lainnya. Tetapkan hati, luruskan barisan, jaga stamina, dan jalankan tugas dengan keyakinan dan semangat juang. Lindungi warga dengan segala daya upaya serta doakan keselamatan bagi mereka. Jadikan tugas dan tantangan ini sebagai ladang ibadah. Insya allah kita akan mampu melewati tantangan hari ini dan bangkit menjadi daerah yang lebih kuat dan semakin berjaya ke depan.

Semoga allah swt merahmati kabupaten Polewali Mandar, merahmati indonesia, dan melindungi kita semua.          

Akhirnya, demikian yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini.

Selamat hari ulang tahun Polewali Mandarku, Polewali Mandar kita semua…

Semoga Polewali Mandar semakin jago..Jago..Jago!!!