Jalani Masa Tahanan, Warga Rutan Mamuju Tak Luput Rayakan Maulid Nabi

Mamuju | Walaupun hak kemerdekaannya untuk sementara dicabut, namun hal itu tidak membuat warga binaan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas IIB Mamuju tak beraktivitas.

Pada momentum memperingati kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. Mereka, para warga Rutan pun tak luput merayakan maulid Nabi. Peringatan maulid Nabi tersebut mereka laksanakan di halaman lingkungan Rutan Jl Kemayoran Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/11/2019).

Meski dirayakan secara sederhana, acara tersebut dihadiri para pejabat lingkup Provinsi Sulbar seperti, Kapolda, Kabinda, Perwakilan Kajati, perwakilan Korem, perwakilan Kanwil Kemenag sulbar dan Ka. Kan Kemenag Mamuju serta Ketua MUI Kabupaten Mamuju.

Pada Acara itu, hadir pula Ustd. Nur Salim Ismail, S.Th.I., M.Si. sekaligus membawakan hikmah maulid Nabi kepada para warga Rutan Mamuju. Dalam ceamah yang ia sampaikan, Tujuan melaksanakan maulid, kata Nur Salim, adalah ingin menjadi bagian ummat yang meneladani Nabi, uangkapnya.  Baik lahir, maupun batin dan berharap mendapatkan safaat Rasulullah S.A.W di akhirat kelak, lanjutnya.

Selain hal tersebut, ia juga menekankan dalam belajar agama di Nusantara, tidak cukup hanya dengan belajar agama, tapi harus dibarengi dengan belajar budaya.

“Walaupun tinggi ilmu agamamu, jika tidak ada tata kerama mu, itu tidak ada artinya” tegas Nur Salim dalam ceramahnya. “Lewat didepan orang tapi tidak bilang Tabe”. lanjutnya.

Di akhir ceramahnya, memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh warga binaan Rutan kelas II B Mamuju tak luput ia sampaikan agar semangat hidup mereka tetap ada.

Sebelumnya, Ka. Kanwil Kemenag Prov. Sulbar yang diwakili Kasubbag Inmas H. M. Sahlan, Kapolda Sulbar, Serta Ka. Kanwil Kemenkumham yang diwakili Kepala Divisi Keimigrasian Prov. Sulbar Whisnu Daru Fajar, membawakan sambutan dihadapan ratusan warga binaan Rutan Mamuju, (28/11).

Warga Rutan Khatam Al Quran

Selain merayakan maulid Nabi, acara tersebut juga dirangkaikan dengan prosesi khataman Al Quran beberapa warga binaan. Mereka yang dinyatakan khatam membaca Al Quran, diberikan sertifikat dan pengalungan pita oleh Kepala Kemenag Mamuju dan Karutan Mamuju.

Kegiatan mengaji itu merupakan program pembinaan warga rumah tahanan, bekerja sama dengan Kemenag melalui Penyuluh agama Kabupaten Mamuju. Program tersebut diketahui telah berjalan 3 tahun dan telah menamatkan 150 warga binaan Rutan kelas II B Mamuju. [pattae.com]

Penulis / Kontributor : Casper*
Editor : Bustamin Tato*

Tags

Casper

Casper adalah nama didunia maya. Dangdut merupakan musik favoritnya dan H. Rhoma Irama menjadi Raja andalannya di Dunia musik. Pernah mengenyam pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Makassar. Bermimpi bisa Melanjutkan Pendidikan di Fakultas Seni dan Sastra, sebab Ia bercita-cita menjadi Penulis Komik dan Novel. Namun cita-cita itu belum kesampaian.
Back to top button
Close
Close