Jelang HUT Kemerdekaan RI, Pedagang Merah Putih pun Menjamur

Kemerdekaan RI
Pedagang Umbul-umbul hingga bendera asal Pangkep berjualan di Polewali Mandar

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang. Atribut merah putih pun mulai menghiasi ruas jalan seperti umbul-umbul yang terpasang di pemukiman warga.  

Pemasangan atribut kemerdekaan tersebut, telah menjadi hal yang tak terpisahkan bagi rakyat Indonesia disegala penjuru guna memperingati momentum bersejarah terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia.

Moment ini tentu tak dilewatkan begitu saja para pedagang musiman untuk berjualan bendera dan juga umbul-umbul merah putih.

Salah satunya pedagang asal garut Jawa Timur yang mengaku baru setahun tinggal di tanah Sulawesi Selatan dengan berjualan bendera hingga ke Polewali Mandar Sulawesi Barat.

“Saya sudah setahun di Pangkep, Sekarang ke Polewali untuk jualan. Kalau di sini, saya ngekost di Takatidung. Dan baru sebulan jualan,” tutur Ismail Fauzi salah satu pedagang bendera.

Ia menjajakan bendera dagangannya tepat di pinggir Jalan H Andi Depu samping kantor DPRD Polman mulai pukul 07.00 s/d 18.00 wita.

Beragam model atribut merah putih yang ia jual mulai Umbul-umbul, kain background biasa, background batik, bendera hingga Bandir. Harga masing-masing atribut merah putih yang ia jual, disesuaikan dengan ukuran.

Pada moment HUT RI ke-75 kali ini, pedagang asal garut itu mengaku mengalami penurunan penjualan sekitar 5% dari sebelumnya akibat adanya pandemi Covid-19.

“Dulu paling sedikit itu 10% tapi sekarang selama corona hanya 5 %,” ungkapnya

Asmawati (30) warga asal Polewali menyempatkan singgah membeli umbul-umbul untuk digunakan pada persiapan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-75.

“Mau menjelang 17 Agustus jadi saya sempatkan singgah beli umbul-unbul, tiap tahun memang beli. Tapi kebetulan juga ini hilang, jadi beli juga,” pungkasnya

“Biasanya cari di pinggir jalan. Saya beli yang merah putih supaya seragam.” tutupnya.[*]