Jelang Idul Adha 1443 H, Satgas Polman Perketat Pengawasan Hewan Qurban

Pengawasan Hewan Qurban
Pengawasan Hewan Qurban

Jelang Idul Adha 1443 H, Tim Satuan Tugas (Satgas) gabungan memperketat pengawasan hewan qurban di perbatasan lalu lintas hewan di pos Kesehatan Hewan di Desa Rea Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar (Polman) guna mencegah dan mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Polman Hassani, mengatakan, jelang Idul Adha 1443 H, setiap tahun pihaknya menggelar pengawasan lalu lintas hewan di Pos. Namun mengingat tahun ini ada bencana penyakit PMK, sehingga tim satgas gabungan dibentuk secara terpadu dari instansi terkait.

“Tetapi karena tahun ini ada bencana penyakit PMK sehingga dilakukan pengawasan secara terpadu terdiri dari Dinas Pertanian, Kepolisian, TNI, BPBD, Tim Kesehatan, Dinas Kominfo dan Perhubungan bergabung menjadi tim satgas pengawasan ternak,” ujar Kepala Distanpan Polman Hassani, Rabu (6/7/2022).

Meskipun Sulbar masih zona hijau, kata Hassani, perlu dilakukan pencegahan awal agar PMK tidak masuk dalam wilayah Kabupaten Polman maupun Sulbar. Sehingga, sedini mungkin dilakukan pengawasan lalu lintas bagi ternak yang melintas.

Kepala bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Polman Andi Zainal mengaku dibutuhkan sinergitas dari instansi yang bergabung dalam tim satgas yang telah terbentuk untuk mencegah PMK masuk di Polman.

Andi Zainal menyebutkan tim satgas akan bergantian menjaga selama 24 jam, memastikan kendaraan ternak diperiksa secara intensif karena itu sangat penting mengantisipasi agar Sulbar tidak terinfeksi PMK khususnya di Polman gerbang pertama dari perbatasan provinsi.

“Kedepan ini kita akan lakukan sweeping bagi kendaraan ternak yang melintas, apalagi Polman ini kan dekat dengan perbatasan provinsi, jadi kita betul-betul mengawasi secara ketat agar PMK tidak menyebar di Kabupaten Polman,” Ujar Andi Zainal.[*]