Jelang Pemilu 2024, KPU Polman Gelar Simulasi Pemugutan Sura

Simulasi Pemungutan Suara
Simulasi Pemungutan Suara di Polewali Mandar

13 hari menuju pesta demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polman gelar Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan menggunakan aplikasi sirekap pada Pemilu 2024.

Kegiatan simulasi dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Polman, di Lapangan Mapilli, Kecamatan Mapilli Kabupaten Polman, Sulbar, Rabu (31/1/2024).

Ketua KPU Polman Nurjannah Waris mengatakan, simulasi kedua yang digelar, sebagai bentuk keseriusan penyelenggaran menuju pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang.

“Simulasi kita ini ajang sosialisasi kepada masyarakat. Jadi, ini kedua kalinya KPU Polman melaksanakan simulasi. Termasuk sebagai bentuk keseriusan kami menuju 13 hari pemilihan 14 Februari 2024,” Ungkap Nurjannah Waris.

Dalam pelaksanaan simulasi ini, pihaknya telah melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari perwakilan penyelenggara pemilu, pengawas Pemilu, peserta pemilu, media dan sejumlah stakeholder lainnya.

Sementara untuk penggunaan aplikasi sirekap Kata Nurjannah merupakan hal baru di KPPS Pemilu 2024. Namun, di KPU sendiri bukan hal baru karena sudah digunakan sejak pemilu 2020.

Menurutnya, salah satu kelebihan aplikasi tersebut adalah masyarakat bisa melihat langsung hasil rekap perhitungan suara.

“Hasil rekap ini boleh diakses semua masyarakat di situs KPU sendiri, sehingga masyarakat bisa cepat mendapatkan informasi terkait perhitungan suara di TPS,” Tuturnya.[*]