Jelang Perayaan Natal, Polres Polman Sterilisasi Gereja untuk Keamanan

Jelang H-1 perayaan puncak Natal, Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono, lakukan sterilisasi Gereja yang ada di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (24/12/2022).

Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono menuturkan ia melakukan deteksi awal dengan melakukan sterilisasi, agar jamaah yang akan melakukan ibadah besok (25/12) di gereja merasa aman dan nyaman.

“Sekitar 11.30 wita semua gereja di kabupaten Polman kita sudah lakukan sterilisasi dengan melibatkan Personil Polres Polman, dengan mengerahkan K9 dan alat metal detector,” Tutur AKBP Agung

Berdasarkan pantauan dilapangan, setiap ruangan dalam gereja diperiksa petugas kepolisian menggunakan alat pendeteksi logam. Mulai dari tempat jamaah beribadah, ruang Majelis, dan Mimbar.

Selain itu, Personil Samapta Polres Polman mengerahkan satu anjing pelacak untuk memeriksa setiap sudut ruangan baik itu diluar gedung maupun di dalam gedung.

Polres Polman juga akan mengerahkan 162 personil yang akan disebar untuk berjaga di sejumlah gereja yang ada di Polman saat malam misa natal nanti.

“Saat ini hasil pemeriksaannya aman, kami menjamin keselamatan para jamaah dan juga kesiapan untuk pengamanan dan pelayanan kami juga siap,” kata Kapolres Polman,

Selain melakukan pengecekan di Gereja, Kapolres Polman juga melakukan pengecekan kesiapan Pos Pengamanan yang ada di empat titik di Kabupaten Polman.

AKBP Agung Budi mengungkapkan, pengecekan dilakukan untuk memastikan sampai sejauh mana kesiapan personilnya maupun kesiapan Pos Pam dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Karena pos pengamanan ini difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama dilaksanakannya Operasi Lilin Marano 2022.

AKBP Agung Budi berharap semoga pelaksanaan Nataru di wilayah Kabupaten Polewali Mandar dapat berjalan aman dan lancar serta tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.[*]