Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia Usia 16-64 Tahun

Jumlah Pengguna Media Sosial
Ilustrasi Grafik

Jumlah pengguna media sosial di masyarakat global terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Berbagai jenis kebutuhan akan penggunaan media sosial sangat bervariasi.

Berbagai alasan penggunaan media sosial sebagai solusi terbaik dalam menjalani kehidupan seperti mengikuti tren masa kini, menjalin pertemanan hingga perjodohkan. Mengembangkan bisnis, mencari pengetahuan, sampai aktivitas up date status yang mungkin dapat menghilangkan stress.

Tak ada lagi ruang tanpa mengakses internet. Tanpa quota data rasanya, bagaikan sayur tanpa garam, hidup tanpa cinta, dan sejuta perumpamaan lainnya.

Maka dari itu, pengguna jejaring sosial (internet) tak terelakkan angka penambahannya dari tahun ke tahun. Masyarakat Indonesia berada pada peringkat keempat Dunia menggunakan akses media sosial internet.

Katadata Indonesia dengan berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis Januari 2019 mengungkap, “data pengguna media sosial di Indonesia mencapai hingga 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi”. Jumlah tersebut naik 20% dari survei sebelumnya.

Sementara pengguna media sosial dengan mobile (gadget) mencapai angka sebesar 130 juta atau sekitar 48% dari jumlah populasi.

Media sosial yang sering digunakan masyarakat Indonesia, berdasarkan hasil survey Globalwebindex (2017) pada pengguna internet dalam rentang usia 16-64 tahun. Ada 4 jenis jejaring media sosial yang paling sering di gunakan, yaitu YouTube, Facebook, WhatsApp, dan Instagram.   

Youtube menempati peringkat pertama dengan persentase penggunaan sebesar 43%, di peringkat ke dua Facebook dengan persentase penggunaan sebesar 41%. Kemudian Whatsapp dengan persentase penggunaan sebesar 40%, dan Instagram 38%

Bertambahnya Populasi dan semakin tergantungnya masyarakat akan kegunaan internet dalam berbagai hal menjadi pemicu. Munculnya e-commerce, transportasi berbasis online, toko online, dan bisnis bebasis internet lainnya adalah bukti nyata.

Dengan proyek Palapa Ring yang ditargetkan akan selesai tahun ini, semakin menambah pengguna internet yang saat ini baru mencapai 56% hingga penggunaan media sosial di Indonesia.

Palapa Ring merupakan jaringan fiber optik 4G dengan kecepatan hingga 30 Mbps dengan panjang lebih dari 12.000 km yang terbentang dari Sumatera hingga Papua.(pattae.comTaTo)