Ka UDD PMI Polman Hadiri Indonesian Scientific Meeting Bahas Layanan Donor Darah

Scientific Meeting
Kepala UDD PMI Polman saat hadiri Indonesian Scientific Meeting. Building Blood Service Sustainable Future.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indinesia (UDD PMI) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dr Andi Emy Purnama Natsir mengikuti Indonesian Scientific Meeting. Building Blood Service Sustainable Future.

Pertemuan Ilmiah atau Indonesian Scientific meering tahun 2022 merupakan inisiasi dari PT Abbott Product Indonesia dan PT Itama Rayonara (selaku distributor). Bekerjasama dengan UDD Pusat PMI, kegiatan tersebut  terlaksana di Bandung, Jawa Barat mulai, 2-4 November 2022.

Sebanyak 21 Kepala UDD PMI mewakili Kepala UDD se Indonesia, dan Penanggungjawab UTD Rumah sakit seluruh Indonesia hadir sebagai user product. Termasuk Kepala UDD PMI Polewali Mandar dr Emy turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sharing Informasi terkini dari beberapa ahli yang terkait dengan perkembangan kualitas darah di unit pelayanan transfusi darah menjadi tujuan utama pertemuan ilmiah di Bandung.

Adapun Narasumber pada kegiatan temu ilmiah nasional, hadir perwakilan UDD PMI Pusat seperti, dr Nguyen Hugh. Selain itu hadir pula para hali dari luar negeri seperti, dr Sonu Bhatnagar dari Korea, Asuka, New Zealand India, dan Wendy Wan, Japan.

Hadir pada pertemuan ilmiah tersebut, dr Emy berharap, keberhasilan model rekrutment pendonor di luar negeri  bisa diaplikasikan di Polewali Mandar.

“Konsep rekrutment pendonor darah yg terbukti berhasil di luar negeri  bisa diaplikasikan di Polewali Mandar,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, dapat menjamin ketersediaan darah yang aman dan berkualitas untuk masyarakat Polewali Mandar. Selain itu juga diharapkan mampu menekan angka kematian akibat kurangnya penyediaan kantong darah.[*]