Kakanwil Sulbar : Natal Oikumene Kokohkan Kebersamaan, Persaudaraan, serta Kerukunan

Kakanwil Mengikuti perayaan Natal Oikumene di Gereja Toraja Jemaat Mamuju
Kakanwil Mengikuti perayaan Natal Oikumene di Gereja Toraja Jemaat Mamuju

Mamuju | Perayaan Natal Oikumene 2019 dihadiri Kakanwil Kemenag Sulbar M. Muflih B. Fattah, didampingi Pembimas Kristen Kemenag Sulbar Ayub. Perayaan natal tersebut diselenggarakan di Gedung Gereja Jemaat Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis 23/01/2020.  

Natal Oikumene yang dirangkaiakan dengan Syukuran Tahun Baru 2020 itu dilaksanakan lingkup TNI, POLRI, ASN, BUMN/BUMD, dan Forum Komunikasi Gereja-gereja Mamuju (FKGM) Sulawesi Barat.

“Dengan bersahabat dengan semua orang kita dapat mengelola kehidupan pribadi dan sosial sebagai anak bangsa, semoga melalui perayaan Natal Oikumene ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkokoh kebersamaan dan persaudaraan, serta kerukunan.” Tutur M. Muflih B. Fattah Kakanwil Sulbar

Selain itu “Memberi motivasi untuk nuansa baru dalam menumbuhkan tekad, semangat dan motivasi serta solusi dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam menjawab persoalan bersama bangsa seperti kerusakan moralitas yang dihadapi, narkoba, pergaulan bebas, terorisme dan kerusakan lingkungan hidup”. Lanjutnya.

Selaku Kakanwi Kemenag Sulbar, lanjtunya saat membuka kegiatan tersebut, ia juga memberikan apresiasi dan berterima kasih setinggi-tingginya kepada para pendeta, ketua dan anggota panitia atas kegiatan yang berlangsung pada malam hari (23/01).

3 Mantra dan 8 Tujuan Kemenag pada Natal Oikumene

Kakanwil Kemenag Sulbar menyaksikan Tarian khas Toraja pada perayaan Natal Oikumene

Pada kesempatan itu, Kakanwil juga menyampaikan 3 Mantra Kementerian Agama dan 8 Tujuan Pembangunan yang menjadi fokus Kementerian Agama pada perayaan natal Oikumene. Ketiga mantra Kemenag tersebut yaitu; peningkatan kualitas kesalehan umat beragama, penguatan moderasi dan kerukunan umat beragama.

Tujuan fokus Kemenang yaitu penyediaan layanan keagamaan yang adil dan merata, peningkatan dan pemberdayaan kelembagaan dan sumber daya ekonomi umat. Perluasan akses pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan keagamaan. Peningkatan kualitas pendidikan dan mutu pendidikan agama dan keagamaan, penguatan produktifitas dan daya saing pendidikan. Tujuang terakhir adalah peningkatan kualitas tatakelola yang efektif dan akuntabel.

Dalam penutupnya Kakanwil mengucapakan selamat merayakan natal kepada semua saudara umat kristiani dan selamat menjalani tahun baru 2020 ini dengan damai sejahtera.

Dalam Natal Oikumene kali ini, Wadir Narkoba Polda Sulbar AKBP Albert H. Ully yang merupakan ketua panitia mengungkapkan bahwa sebanyak 2000 orang umat datang menghadiri perayaan natal Oikumene malam ini.

Tampak hadir sebagai tamu undangan Wakil Gubernur Provinsi Sulbar Hj. Enny Anggraeny Anwar, Ketua DPRD Provinsi Sulbar Hj. Sitti Suraidah Suhardi, Kapolda Provinsi sulbar Brigjen. Pol. Drs. Baharuddin Djafar, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu, dan segenap perwakilan Unsur Forkopimda Sulbar dan OPD Sulbar.

Natal Oikumene kali ini juga dimeriahkan oleh artis rohani Grezia Epiphania dan Sharon Britney Graviella Padidi yang telah menjuarai kontes nyanyi nasional pada program TV Indonesian idol cilik tahun 2017.[PaTTaE.com/Casper]*

Puisi Pattae oleh Salwa Saharuddin | Mesa Rara Mesa Tubu
Puisi : Mesa Rara Mesa Tubu