Kampanye Mainan Tradisional, Ini yang dilakukan Pegiat Rumah Baca Rupae Desa Paku

Permainan Tradisional
Permainan Tradisional

PAKU, Polewali Mandar– Dalam kondisi modern hari ini atau yang lebih dikenal dengan istilah era milenial tentu memberikan pengaruh besar dalam perkembangan masyarakat terutama generasi muda dan anak-anak.

Hal tersebut terlihat pada permainan tradisional yang memiliki saingan-nya sendiri, permainan modern. Permainan tradisional perlahan tidak di lirik lagi oleh kaum muda.

Menanggapi hal tersebut, puluhan pegiat literasi Rumah Baca Rupae Desa Paku giat agenda seru. Kali ini mereka menggelar Kampung Permainan tradisional sebagai upaya memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada masyarakat dan generasi muda. Tidak hanya itu, juga ada program kampanye literasi dengan menggelar lapak buku.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan olahraga Takrow Dusun Pasubbe Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Minggu sore, 9 Juni 2019.

Haeruddin, penanggung jawab Rumah Baca Rupae mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kembali permainan tradisional yang merupakan warisan leluhur  yang harus senantiasa dijaga sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Kita ketahui bersama bahwa permainan tradisional, anak-anak tidak hanya bermain namun ada edukasi bisa mengajarkan mereka kebersamaan, disiplin, dan toleransi. Dengan ini kami mengajak anak-anak menjaga permainan tradisional yang pernah mereka ikuti tidak hilang ditelan zaman,” Katanya.

Gambar: Hamdan

Ia juga menambahkan anak-anak tidak hanya memainkan mainan tradisional tersebut, tapi juga diajarkan mereka, agar bisa membuatnya dan mampu memahami cara memainkannya.

“Kami berharap selalu ada dukungan dari masyarakat dan pemerintah terkait dalam mengembangkan potensi anak menjadi lebih baik dengan menjadikan kegiatan-kegiatan seperti ini sebagai media pembelajaran,” Tandasnya.

Syila, salah seorang anak yang hadir dalam kegiatan itu, mengaku sangat senang bisa bermain bersama teman-temannya.

“Senang sekali bermain bersama-sama,” Ungkapnya.

Sementara berbagai macam permainan yang  ditawarkan diantaranya, Dende, Jengka, Sallo, Bakiak, Congklak, Mallantang, Pinceng, Realy Papan, Majjengkal, dan Gasing besi. (Pattae.com)

Penulis: Hamdan