Kanwil Kemenag Sulbar Gelar Porseni Sambut Hari Amal Bakti ke-74

Pembukaan Porseni Kemenag Sulbar di lapangan Parasamya Mandar Kabupaten Majene (1)
Pembukaan Porseni Kemenag Sulbar di lapangan Parasamya Mandar Kabupaten Majene, Minggu 29/12/2019. Foto: Kanwil Kemenag Sulbar

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Ke 74.

Kegiatan tersebut resmi dimulai setelah pemukulan Gong oleh Sekertaris Provinsi Sulawesi Barat, H. Muhammad Idris, di dampingi Ka Kanwil Kemenag Sulbar, HM. Muflih B Fattah dan Bupati Majene H. Fahmi Massiara di lapangan Parasamya Mandar Kabupaten Majene. Ahad 29/12/2019.

Pidato Gubernur Sulbar, yang dibacakan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Barat, H. Muhammad Idris mengatakan, 3 Januari merupakan hari paling bersejarah bagi keluarga besar Kemenag. Dimana kala itu (1946), Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat Negara.

Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kali memiliki kementerian di bidang agama.

Kementerian Agama, lanjutnya  hadir untuk mengatur, membimbing, dan melayani serta melindungi semua pemeluk agama yang ada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dari itu, Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita, tegas Gubernur Sulbar. 

“Tantangan kedepan kehidupan beragama tidak semakin mudah, tetapi mungkin semakin berat dan kompleks, jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik, baik fisik maupun mental. Maka bukan tidak mungkin eksistensi Kementerian Agama akan dipertanyakan.” tegas pidato Gubernur pada pembukaan Porseni Kanwil Kemenag Sulbar. 

Melalui porseni ke III dalam rangka menyambut hari amal bakti kementerian Agama 3 januari 2020 mendatang. Kemenag Sulbar mengatakan, mampu melahirkan semangat sportivitas dan kesadaran umat beragama terhadap pentingnya menjalin kebersamaan serta kerukunan umat menuju indonesia maju.

“Tema dan pesan kerukunan umat beragama menuju indonesia baru harus kita wujudkan dalam kehidupan keseharian kita dengan paradigma moderasi di dalam beragama”. Pintah H.M. Muflih B Fattah selaku Ka Kanwil Kemenang Sulbar. 

Pada kesempatan itu, Ka Kanwil juga mengajak seluruh unsur Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Sulawesi Barat agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian dan Kerukunan umat.

“Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai, rukun akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera menuju Indonesia maju”. Pesannya.

Kegiatan pembukaan Porseni III Kemenag Sulbar dihadiri Sekda Provinsi, Muhammad Idris, Bupati Majene Fahmi Massira, Ketua DWP Kemenag Sulbar Hj. Farhana Massiara dan pejabat Instansi Vertikal dan pejabat daerah serta dari Kementerian Agama.

Pembukaan Porseni itu, juga dihadiri 4.850 Peserta dan Offesial dari 7 Kontingen. Laga Poreseni Kemenag Sulbar tersebut, akan berlangsung mulai 29 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020.[pattae.com]*

Berkah Ramadan Al-Quran
Berkah Hari Ke 17 Ramadan: Nuzulul Quran Revolusi Peradaban