Kapolres Polman Gelar Pembinaan ke-Agama-an Bagi Anggotanya

pembinaan rohani dan mental Polres Polman
Polres Polman gelar pembinaan rohani dan mental kepada Personil Kepolisian lingkungan Polres Polman, Kamis (05/11). Foto. Doc. Humas Polres Polman

Ditengah pandemi Covid-19, nampak terlihat sejumlah Personil Polres Polman tetap melaksanakan kegiatan keagamaan melalui program pembinaan rohani dan mental. Di Masjid Al Hisbah Polres Polman, Kamis 05/11/2020.

Pelaksanaan pembinaan rohani dan mental dipimpin langsung Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono. Sejumlah Pejabat Utama (PJU) serta personil Polres Polman dan Aparatus Sipil Negara yang beragama Islam turut dalam kegiatan tersebut.

Kapolres Polman, dalam kesempatannya berharap, melalui kegiatan kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental, seluruh anggota Polisi di lingkungan Polres Polman, , bisa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah Swt.

“Saling mengingatkan dan peduli terhadap sesama dalam melaksanakan tugas. Serta saling mengajak pada kebaikan, sholat berjamaah lima waktu di masjid bagi laki laki,” pungkasnya.

Binrohtal (singkatan Pembinaan Rohani dan Mental). Dilakukan dengan tausiyah agama dengan menghadirkan Ustaz Abd. Haris Nawawi. Dalam Tausiyah tersebut, membahas Hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan Imam Muslim tentang semangat untuk melakukan hal-hal yang mendatangkan manfaat dan kebaikan dunia dan akhirat.

Menurut Ustaz Abd Haris menerangkan Hadits Abu Hurairah, dalam melakukan hal-hal apapun menyangkut kebaikan dengan niat karena Allah Swt. InsyaAllah akan bernilai pahala bagi siapa saja yang melaksanakannya.

“Melaksanakan perintah/amanah yang diberikan pimpinan adalah suatu kewajiban untuk melaksanakannya dengan baik dan bertanggung jawab. Niat beribadah karena Allah, maka apa yang kita laksanakan akan bernilai pahala,” papar Ustaz Abd Haris.

Sementara itu, Kabang Sumda Polres Polman Kompol Idhan, melalui Humas Polres Polman mengatakan. Kegiatan Binrohtal merupakan salah satu upaya dalam memberikan pembinaan mental dan spiritual kepada seluruh anggota. Tidak hanya yang beragama Islam, Personil Polisi yang beraga diluar Islam pun mempunyai kegiatan yang sama.

“Tidak hanya personil yang muslim saja. Personil non muslim juga mendapatkan hak untuk melaksanakan Binrohtal sesuai dengan keyakinannya yang diselenggarakan secara rutin juga,” ucapnya.