AKBP Ardi Sutriono Lepas 1000 Kura-kura ke Habitat Aslinya

PaTTaE.com – POLMAN | Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono S.I.K melepas 1000 Kura-kura jenis Ambon (Cuora Ambonensis) di perairan sungai Labasang Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (03/09/2020)

“Sebanyak kurang lebih 1000 ekor Kura-kura dilepas liar langsung kehabitatnya yaitu di sungai labasang,” ungkap Kapolres Polman

Sebelumnya, ribuan Kura-kura jenis Ambon yang dilepas tersebut. Dari warga sekitar yang berada tidak jauh dari lokasi tempat penampungan di Kecamatan Limboro. Kemudian diamankan pihak Polres Polman karena tidak mengantongi izin untuk melakukan aktivitas jual beli Kura-kura.

Kapolres Polman saat ditemui menjelaskan, Meski bukan hewan yang dilindungi. Aktivitas jual beli Kura-kura tetap harus sesuai dengan izin tertulis.

“Walaupun sebenarnya kura-kura jenis ini bukan termasuk hewan yang dilindungi namun dalam peredarannya tetap harus melalui pendataan dan teridentifikasi keberadaanya. Karena, walaupun bukan jenis terlindungi namun tetap harus melalui izin yang tertulis dari Pusat. Sehingga, hewan ini tetap tidak boleh diperjual belikan secara bebas,” Jelasnya.

Selain itu, ia juga menambahkan, terkait aktivitas jual beli Kura-kura yang tidak memiliki izin. Pihak nya akan tetap mengembangkan lebih jauh kasus tersebut. Karena menurutnya tidak menutup kemungkinan, ada oknum lain yang terlibat lebih jauh.

Di akhir, Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono mengatakan, bagi warga yang terbukti melakukan pelanggaran. Akan dilakukan penindakan lebih lanjut sesuai aturan hukum yang berlaku.[*]