Kapolres Polman Menyambangi Kedai Kopi Kurrak

Kedai Kopi Kurrak
Kapolres Polman, AKBP Ardi Sutriono, bersama Aris sang pemilik Kedai Kopi Kurrak

Penasaran dengan kopi khas dari desa Kurrak, Kapolres Polman, AKBP Ardi Sutriono, pun menyambangi salah satu UMKM Kopi asal desa Kurrak di, Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Matakali Kabupaten Polman, Selasa (6/4/21).

“Saya berkunjung ke sini karena dapat informasi dari salah satu anggota saya. Katanya di Kecamatan Matakali ada pengusaha kopi yang cukup terkenal,” ungkap Kapolres Polman.

Setelah menikmati seduhan Kopi Kurrak, Kapolres Polman mengaku, cita rasa kopi Kurrak berbeda dengan kopi lainnya.

Selain penasaran dengan cita rasa kopi Kurrak, Kapolres juga ingin mengetahui proses pemetikan biji kopi hingga menghasilkan kopi yang benar-benar berkualitas.

Aris, selaku kepala desa Kurrak mengatakan, dia mengembangkan inovasi ekonomi dengan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakatnya, melalui pertanian Kopi.

Sejak tahun 2018 silam, selaku pemerintah desa, ia mengembangkan pertanian kopi dengan menggunakan anggaran dana desa. Dengan mendatangkan bibit kopi berkualitas dari daerah Poso, Sulawesi Tengah, lalu dibagikan kepada para petani yang ada di desa Kurrak.

Hampir semua masyarakat desa Kurrak mendapatkan bibit tersebut dan menanamnya di lahan pertanian meraka masing-masing.

Hasil biji kopi dari daerah yang pernah di kunjunginya langsung tersebut, memiliki kualitas yang tak ia ragukan lagi. Hal itu menjadi alasan kepala desa yang gelar pendidikannya S.Ag tersebut. Memilih biji kopi dari daerah Poso, untuk dikembangkan di desa Kurrak.

“Karena disana saya sudah lihat buktinya, buahnya, kualitiasnya. Makanya saya perbandingan dulu. Belajar dulu disana baru saya kembangkan di desa ku,” tutur Aris, Kepala Desa Kurrak saat ditemui di kedai Kopi.