Kedua Kampus Muhammadiyah, UNIMAJU-UMSi, Teken MoA Bidang Prodi & Mahasiswa

Unimaju
Penanda tanganan MoA UNIMAJU dengan UMSi

Universitas Muhammadiyah Mamuju (UNIMAJU) Sulawesi Barat berkunjung ke Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) Sulawesi Selatan. Guna, melaksanakan penandatanganan kerjasama atau MoA (Memorandum of Agreement), Rabu (21/9/2022) kemarin.

Adapun Kerjasama kedua kampus Muhammadiyah itu, terkait pelaksanaan program MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) pada bidang kerjasama Program Studi dan Mahasiswa. Untuk 3 Program Studi (Prodi) yakni, Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP), Teknologi Hasil Perikanan (THP), dan Agribisnis.

Kunjungan tersebut di wakili langsung Wakil Rektor I UNIMAJU Dr. Furqan, bersama 3 ketua Prodi, beserta sekretarisnya dan Dosen. Di sambut langsung Rektor UMSi Dr. Umar Congge.

“Kami datang kesini pertama ingin memperkenalkan kampus kami, Kampus UNIMAJU yang dulunya STIE (Sekolah Tinggi Ekonomi ) Muhammadiyah Mamuju. Berubah nama menjadi Universitas Muhammadiyah Mamuju (UNIMAJU) pada tahun 2021,” ungkap Furqan dalam sambutannya.

lanjut Warek I UNIMAJU tersebut memperkenalkan Prodi yang ada di Kampus UNIMAJU seperti Prodi Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. Serta, 4 prodi baru yaitu Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP), Teknologi Hasil Perikanan (THP), Agribisnis, dan Peternakan.

Selain itu, dalam pers rilisnya, ia juga memperkenalkan Program Pasca Sarjana (S2) Manajemen UNIMAJU yang akan segera di buka.

“Alhamdulillah sudah mendapat rekomendasi dari LLDIKTI dan sementara proses di Kementerian Pusat,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UMSi dalam sambutannya mengaku siap berbagi konsep pengembangan kampus. Baik dalam hal pengembangan Prodi maupun terkait penelitian dosen, dan mahasiswa serta hal penunjang kampus lainnya.

“Selamat datang di kampus kami rombongan dari UNIMAJU di Kampus UMSi. Terima kasih atas kepercayaannya kepada kami untuk menjalin kerjasama di bidang Program Studi. Kami akan berbagi mengenai konsep pengembangan yang ada di kampus kami baik itu pengembangan Prodi maupun kegiatan Hibah penelitian dosen dan mahasiswa dan lainnya yang dapat menunjang pengembangan kampus kedepannya”. ungkap Dr. Umar Congge, selaku Rektor UMSi.

Universitas Muhammadiyah Mamuju dalam pengembangan perguruan tinggi menjalin kerjasama tidak hanya dengan kampus UMSi. UNIMAJU juga melakukan kerjasama (MoA) dengan beberapa kampus dan instansi/lembaga terkait. Seperti, Lembaga Antariksa dan Penginderaan Jauh Nasional (LAPAN) Pare-Pare. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Sidenreng Rappang (UMS Rappang). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Paotere Makassar dan lembaga lainnya.

“Kami berharap dengan adanya hubungan kerjasama ini, dapat menjadi bentuk pengembangan kampus UNIMAJU di masa mendatang”. ungkap Warek I UNIMAJU.

Dari sekian kerjasama tersebut, kata Furqan, sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta skill yang bisa di terapkan di dunia kerja. Selain itu, para mahasiswa juga dapat membuat terobosan baru bagi masyarakat dan negara.[*]

Sumber: Arman Dore*