Kejari Polman Setor ke Kas Negara Hasil Lelang Barang Bukti

Lelang Barang Bukti
Kasi Barang Bukti (BB) Kejaksaan Negeri Polewali Mandar Junda M Akbar

Kejaksaan Negeri Polewali Mandar (Polman) lelang barang sejumlah bukti hasil tindak pidana penyalahgunaan pupuk subsidi. Hasilnya akan di serahkan ke Kas Negara.

Berdasarkan putusan Pengadilan yang telah diproses ada dua tersangka dari kasus penyalahgunaan pupuk subsidi, Kejaksaan Negeri Polewali Mandar setor Rp. 15.000.000 juta hasil lelang barang bukti (BB).

Kasi Barang Bukti (BB) Kejaksaan Negeri Polewali Mandar Junda M Akbar menyebutkan Jumlah pupuk 200 sak dengan berat 10 ton dengan rincian 65 sak. Jenis pupuk Urea dengan berat 50 kg dan 135 sak jenis pupuk ponska dengan berat 50 kilogram per sak.

“Seharusnya ini bisa dilakukan lelang dengan cepat saat di Kepolisian atau di Kejaksaan. Tetapi tidak dilakukan oleh Jaksanya dan nanti setelah sidang baru dilelang,” ujar Junda M Akbar saat dikonfirmasi, Senin (16/10/2023).

Juanda menerangkan bahwa barang tersebut sebenarnya sudah rusak, kemudian kami koordinasi dengan Disperindag ada taksiran harga karena nilai barangnya dibawah tiga puluh juta dan pemilik mobil buru-buru meminta mobilnya dan tidak ada tempat menyimpan mobil itu sehingga dilelang cepat, hasilnya itu Rp.15.000.000.

Ia juga menjelaskan, taksiran Perindag dengan kondisi sudah rusak dan tidak layak edar tersebut yakni Rp. 9.135.000. untuk hasil penjualannya ini disetorkan ke Kas Negara, kemudian pembelinya berasal dari daerah Kabupaten Pinrang.[*]