Kembangkan Pelabuhan di Sulbar, Akmal Libatkan Para Insinyur

Pelabuhan Belang belang
Pelabuhan Belang belang

Pejabat Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik, bersama jajaran pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Melakukan peninjauan langsung pelabuhan Belang Belang, Kecamatan Kalukku Mamuju. Senin 23/1/2023.

Kunjungan itu dalam rangka bagaimana kedepan pembangunan infrastruktur bisa dilakukan dengan cepat di Sulbar. Termasuk pembangunan pelabuhan Belang Belang yang akan di jadikan sebagai pusat keluar masuknya barang ke Sulbar.

“Di butuhkan kolaborasi, ini tidak bisa dengan pendekatan sektoral, pendekatannya harus komperhensif,” ucap Akmal Malik.

Apalagi, kata Akmal, di PII banyak Insinyur ahli pada bidang pertanian dan pertambangan. Selain itu, seluruh Insinyur tersebut telah memberikan masukan kepada pemerintah Sulbar agar bisa lebih cepat.

“Banyak hal gagasan tadi yang di berikan, salah satunya desain untuk Pelabuhan Belang-belang dan juga di Palipi Majene. PII akan membantu kita untuk membuat desain itu,” katanya.

PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik.

Selain itu, forum Insinyur muda juga akan membantu untuk melakukan langkah komprehensif penanganan stunting.

“Ini membutuhkan tehnologi, mereka akan menyiapkan aplikasi untuk mendeteksi ibu hamil di Sulbar,” ucapnya

Sementara itu, Sekertaris Jenderal PII Bambang Goeritno, mengatakan, Sulbar memiliki banyak potensi. Tersisa tinggal mencari kunci agar perkembangan Sulbar bisa semakin cepat.

“Contohnya pelabuhan ini didorong untuk segera memiliki kantor bea cukai agar pergerakan barang dapat memberikan keuntungan kepada Sulbar,” tutupnya. [rls*]