Kementrian P3A Melakukan Evaluasi Gerakan PATBM di Kantor Desa Batetangnga

Photo Bersama Ibu PKK, aktivis PATBM, dan PP AP, serta unsur pemerintahan Desa Batetangnga jumat, 21 April 2017

PATTAE.com | Desa Batetangnga- Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A/PP PA) mengadakan evaluasi Aktivis Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di gedung Serba Guna Kantor Desa Batetangnga pada hari Jumat, 21 April 2017 kemarin.

Mentor Nasional PATBM Kementrian P3A, Pak Ganib, dalam sambutannya mengatakan bahwa Gerakan PATBM ini tidak akan mungkin berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari pemerintah desa dan tokoh masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung 5 jam lamanya dimulai pas setelah selesai shalat Jum’at,  pada pukul 13:00 wita dan berakhir pada pukul 17:00 wita.

Sekitar 50 orang dari berbagai unsur seperti Kementrian P3A, baik Nasional maupun Provinsi dan Kabupaten, serta beberapa tokoh masyarakat, unsur Pemerintah Desa, Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), hadir dalam kegiatan evaluasi tersebut.

Kepala Desa Batetangnga dalam sambutannya, Muhammad Said, SH., menekankan akan pentingnya menjaga anak-anak sebagai penerus, baik sebagai generasi penerus daripada orang tuanya, juga sebagai penerus bangsa kelak.

“Kita harus melindungi anak, karena mereka adalah penerus kita, siapa lagi kalau bukan mereka” kata Muhammad Said, dalam sambutannya

“diaharapkan kepada orang tua untuk tetap menjaga anak-anaknya dan didiklah anak kita dengan baik agar menjadi penerus bangsa kelak” lanjut Kades berharap

Kegiatan tersebut terdapat tiga pembahasan penting, yang pertama membicarakan soal sejauh mana PATBM ini dalam melakukan gerakan di daerah Batetangnga, Kedua Seperti apa tanggapan masyarakat dengan gerakan PATBM ini, dan ketiga tentang evaluasi kinerja Aktivis PATBM di Desa Batetangnga.

Kegiatan evaluasi ini dikemas dalam bentuk diskusi dengan
masyarakat, anak-anak, orng tua anak, dan dan para aktivis gerakan PATMB dengan membagi kedalam 4 kelompok, yg masing-masing di beri lembar soal yg berhubungan dengan Gerakan PATBM.

PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) merupakan sebuah gerakan untuk menguatkan kapasitas masyarakat untuk menyelesaikan masalah kekerasan terhadap anak dan perlindungan terhadap anak di tingkat desa atau kelurahan.

Di Sulawesi Barat (Sul-Bar) hanya ada Dua Kabupaten Yang menjadi Project Pilot P3A, Yakni Kabupaten Majene dan Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dimana Setiap kabupatennya terdiri dari dua Desa. Di polman sendiri, terdapat Desa Batetangnga dan  Desa Induk Makkombong yang menjadi Project Pilot P3A. (kontributor/Casper)*

Aksi Peduli Donggala Palu, APPM Polewali Mandar Kota Parepare Turun Ke Jalan.