Berikut Urutan Kepala Desa Batetangnga Dari Masa ke Masa

Kepala Desa Batetangnga Dari Masa-Kemasa
Foto Wilayah Desa Batetangnga 2017. Tato

Sejak terbentuknya di tahun 1960, sudah ada 12 Kepala Desa Batetangnga yang tercatat pernah memimpin Desa Batetangnga. Mereka adalah orang-orang hebat pada masanya yang dipercaya dapat membangun, serta memajukan Kampung ini menjadi Desa yang lebih baik.

Pada masa terbentuknya, nama Kampung ini dulunya disebut sebagai Desa Kanang. Berselang 6 tahun tebentuknya Desa Kanang, kemudian berganti nama menjadi Desa Batetangnga pada tahun 1966.

Asal nama Desa Batetangnga diambil dari kata “Tangnga Bate ” yang pada masa kerajaan merupakan bagian dari kekuasaan kerajaan Binuang. Tangga Bate” arti secara geografis, berada ditengah wilayah kekuasaan kerajaan Binuang, yang diapit dua wilayah kerajaan lainnya, yaitu Ulu Bate”, dan Cappa Bate”.

Baca juga: Kenapa Desa Batetangnga Lebih Dikenal Sebagai Desa Kanang ?

Terlepas dari awal mula nama Desa Batetangnga. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, urutan nama-nama kepala desa,  dari masa ke masa.

Kepala Desa I : Damang (1960-1964)

Pada masa pemerintahannya, Desa Batetangnga awal mulanya disebut sebagai Desa Kanang. Damang, merupakan Kepala Desa Kanang pertama yang kini disebut sebagai Desa Batetangnga mulai tahun 1960-1964.

Akhir masa kepemimpinannya, masih simpang siur. Banyak pihak mengatakan Damang, diculik ketika pecahnya gerakan pemberontak Andi Selle melawan Tentara Nasional Indonesia dibawah komando Jenderal M. Yusuf pada Tahun 1964.

Pada April 1964, muncul sebuah gerakan politik Andi Selle, yang menginginkan terbentuknya Negara Islam. Hal ini memunculkan spekulasi dari berbagai pihak, sebagai penyebab diculiknya Kepala Desa Batetangnga Pertama.

Kepala Desa II : Abd. Wahab (1964-1966)

Kepala desa kedua Abd. Wahab, memimpin Desa Batetangnga pada Tahun 1964 hingga 1966. Pada masa pemerintahannya, yang paling berkesan di mata masyarakat Batetangnga dan yang paling diingat, adalah bergantinya nama Desa Kanang menjadi Desa Batetangnga pada Tahun 1966.

Kepala Desa Batetangnga III : Mahamuddin (1966-1983)

Kepala desa ketiga Batetangnga dipimpin oleh Mahamuddin, menggantikan Abd. Wahab, pada tahun 1966. Kepala Desa Ketiga ini, merupaka yang paling lama memimpin. Ia memimpin Desa Batetangnga selama 17 Tahun, mulai 1966 hingga 1983.

Pada masa pemerintahannya, capaian hingga kini dirasakan masyarakat Desa Batetangnga adalah, penataan perkampungan, mirip dengan tata ruang perumahan pada umumnya. Selain itu, pembangunan infrastruktur seperti jalan, pengadaan Pondok Pengajian juga ia lakukan.

Kepala IV : H. Saraila (1983-1991)

Kepala desa keempat, H. Saraila, memimpin Desa Batetangnga pada Tahun 1983 hingga 1991. Melanjutkan program kerja yang telah di laksanakan kepala desa sebelumnya, yaitu penataan Kampung.

Pembangun yang terasa hingga sekarang, dari 8 tahun masa pemerintahannya, adalah pembuatan Bak penampungan Air, yang berpusat di Salu Liang, Dusun Lumalan.

Kepala Desa V : H. Muchtar Lallo, S.H (1991-1999)

Kepala desa kelima, H. Muchtar Lallo, S.H., memimpin Desa Batetangnga selama 9 tahun, mulai Tahun 1991 hingga 1999.

Pada masa kepemimpinannya, melalui kerja sama para tokoh masyarakat berhasil melakukan pengadaan pasar tradisional Kanang secara permanen, yang terletak di Dusun Rappoang.

Selain itu, ia juga mendirikan 5 asrama/pondok yang berada di lingkungan pesantren Al Ihsan DDI Kanang melalui swadaya masyarakat.

Pengadaan listrik ke kampung Passembaran, dan Penanian, serta membuka akses jalan menuju kampung Galung (sekarang Dusun Eran Batu) juga ia lakukan.

Kepala Desa VI : Pjs. Sirajuddin (1999-2001)

Kepala desa keenam, ini merupakan Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Batetangnga mengisi kekosongan politik pemerintahan desa pada Tahun 1999 hingga 2001.

Kepala Desa VII : Pjs. Drs. Hamdan (2001-2002)

Kepala desa Ke 7 ini, diisi oleh Drs. Hamdan, pada tahun 2001 hingga 2002 penggantikan Pjs. sebelumnya Sirajuddin. Pada tahun yang sama, ia juga tercatat sebagai kepala Camat Binuang.

Kepala Desa VIII : Pjs. Syarifuddin (2002-2003)

Kepala desa ke 8 ini, juga merupakan mantan Camat Binuang, yang pada Tahun 2002 hinnga 2003 merangkap sebagai kepala desa Batetangnga.

Dalam kurun waktu 3 Tahun, Pemerintah desa Batetangnga di isi para Pjs dari Kecamatan Binuang. Hingga Tahun 2003 diadakan lah pemelihan desa pertama secara terbuka.

Kepala Desa IX : H. Hasan Dalle (2003-2009)

Kepala Desa ke 9 di isi oleh H. Hasan Dalle, menjabat selama 6 tahun mulai 2003 hingga 2009. Pada masa jabatannya, berhasil membawa Desa Batetangnga menjadi Juara 1 sebagai Desa termaju di Sulawesi Barat.

Pada masa jabatannya, ia juga pernah diundang ke istana kepresidenan dan bertemu langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) bersama kepala desa lainnya se Indonesia.

Selain itu, Desa Batetangnga pada masa kepemimpinannya terdapat Enam Dusun/Kampung, yaitu Dusun Kaleok, Kanang, Passembaran, Penanian, Rappoang, dan Biru.

Pada akhir Tahun 2008, Hasan Dalle, melakukan pemekaran Dusun Kaleok menjadi satu desa yang disebut Desa Kaleok. Kepala desa sementara Kaleok, dipimpin oleh Abd. Madjid, hingga Tahun 2010.

Saat ini, Hasan Dalle, menduduki jabatan sebagai ketua Peradilan Adat Desa Batetangnga mulai pada  9 November 2017 hingga sekarang ini (2019).

Kepala Desa X : Sumaila Damang (2009-2014)

Sumaila, kepala desa ke 10 sepanjang sejarah Batetangnga, merupakan anak dari kepala Desa Pertama yaitu Damang. Pada Tahun 2009, ia di amanahkan memimpin Desa dengan masa jabatan 6 Tahun, mulai 2009 s/d 2014.

Masa jabatanya, Belum ada dikenal adaya bantuan anggaran dana Desa seperti sekarang ini. waktu itu masih mengandalkan PNPM Mandiri Pedesaan, dan APBD Polewali Mandar.

Pada Tahun 2011 Sumaila Damang, berhasil membawa Batetangnga terpilih sebagai juarah 1 tingkat Desa se-Provinsi Sulawesi Barat. Juara ini ia dapatkan melalui tiga kategori kategori, yaitu Adminitrasi, keamanan Desa, kebersihan Desa dan penataan rumah kampung.

Capaian dari segi infrastruktur, Ia berhasil membangun Gedung Serba Guna di lokasi kantor Desa, dan membangun jembatan gantung di Dusun Penanian.

Pada masa kepemimpinannya, ia juga melakukan pemekaran di beberapa Dusun. Desa Batetangnga sebelumnya memiliki 5 Kampung/Dusun yaitu; Dusun Passembaran, Kanang, Biru, Penaniang, dan Rappoang.

Adapun pemekaran 5 Kampung/Dusun menjadi 13 Dusun tersebut dapat di lihat sebagai berikut:

1. Passembarang
– dusun passembarang
– dusun baruga
– dusun tallang bulawan
2. Kanang
– Dusun kanang
– Kanang Bendungan
– Kanang Pulao
3. Rappoang terbagi
– Dusun Rappoang
– Dusun Saleko
– Dusun Lumalan
4. Dusun Biru terbagi
– Dusun Biru
– Dusun Eran Batu
– Dusun Pamu’tu

Kepala Desa XI : Pjs. Sahabuddin, B.Sc (2014-2015)

Kepala desa ke 11 ini merupakan pejabat sementara (Pjs) setelah kepala desa Batetangnga periode sebelumnya, telah berakhir masa jabatannya pada tahun 2014.

Sahabuddin, selain menjadi kepala desa Pjs, ia juga menduduki jabatan selaku sekretaris desa hingga sekarang. Pada masa kepemimpinannya membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Masa jabatan Sahabuddin, sebagai kelapa Desa Pjs. berlangsung selama 1 tahun, mulai 2014 hingga pemelihan desa Batetangnga akhir 2015.

Kepala Desa XII : M. Said Saleh, S.H (2016-Sekarang)

Kepala Desa Batetangnga ke 12, M. Said S.H, merupakan hasil dari pemilihan kepala Desa (Pilkades) yang dilaksanakan pada akhir Tahun 2015 dan baru dilantik awal tahun 2016.

Tahun ini merupakan Tahun ke 5 ia menjabat sebagai kepala Desa Batetangnga. Beberapa capaian-capain telah ia raih semasa jabatannya. Mulai dari pengaturan pasar tradisional Kanang, Pelebaran Jalan, hingga pelayanan Publik seperti pengangkutan limbah Rumah Tangga warga Desa Batetangnga.

Demikianlah urutan nama-nama Kepala Desa Batetangnga dari awal terbentuknya, sampai sekarang ini.(*)

Komentar