Kepala Desa Jadi Saksi, Pemuda Karang Taruna Kelapadua Dikukuhkan

Karang Taruna Desa Kelapadua resmi dikukuhkan
Karang Taruna Desa Kelapadua resmi dikukuhkan

Pengurus Karang Taruna Desa Kelapadua, periode 2019-2021 resmi dikukuhkan. Acara tersebut berlangsung di balai Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar. Jumat (29/03/2019).

Proses pengukuhan berlangsung hikmat. Acara tersebut dihadiri ketua karang taruna Kabupaten Polewali Mandar, kepala dusun sedesa Kelapa Dua dan tamu undangan lainnya.

Pengukuhan itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian diteruskan dengan pengucapkan janji pengurus karang taruna yang baru.

Sebanyak 33 pengurus karang taruna di Desa Kelapadua resmi dikukuhkan dan akan melaksanakan forum rapat kerja untuk program kedepannya.

Ketua karang taruna yang baru dilantik mengatakan, telah  mencanangkan kegiatan kedepan yaitu, gema Ramadan sebagai langkah awal dari kepengurusannya.

“Untuk dekat ini, mengingat bulan suci ramadhan sudah dekat kami akan melaksanakan kegiatan gema Ramadan”. Ungkap Muammarsyah.

Sementara ini Muammarsyah, selaku ketua baru masih terus membangun komunikasi kepada pihak pemerintah Desa tuk dapat membantu dan mendukung berjalannya kepengurusan yang ia pimpin.

Salah satu tujuan kami menjadikan Karang Taruna ini sebagai mitrahnya desa”. Tutupnya. 

Kepala Desa Kelapadua, Masdar menghimbau, pada pengurus karang taruna yang baru. Agar mampu membangkitkan inovasi Desa yang akan menjadi salah satu langkah untuk menghidupkan karang taruna di Desa tersebut.

Semenara itu, ia juga menegaskan.“Pengurus karang  taruna diharapkan bisa meningkatkan  motivasi pendidikan, sumber daya manusia dan sektor ekonomi masyarakat”. Tegasnya.

“Tumpuan saya yang paling besar adalah karang taruna”. Tutup kepala Desa Kelapadua, dengan tepuk tangan yang meriah.

Fariruddin, ketua karang taruna Kabupaten Polewali Mandar. Ungkap rasa terimakasih kepada pemerintah Desa yang memfasilitasi terbentuknya organisasi kepemudaan di Desa tersebut.

Dalam sambutannya Fariruddin menjelaskan bagaimana seharusnya pengurus Karang Taruna dalam menjalankan dan mendukung program pemerintah Desa. Salah satunya dengan melakuan inpentarisasi dan lakukan identifikasi terhadap potensi desa.

“Karang taruna diharapkan bisa membantu mensukseskan program pemerintah yang ada di semua tingkatan serta, penambahan keterampilan dasar kepada pemuda”. Ungkap Fariruddin.

Diakhir sambutannya, Fariruddin menjelaskan mengenai organisasi kepemudaan yang telah diberikan porsi penganggaran oleh kementrian sosial. Untuk perkembangan aktivitas karang taruna yang ada di Desa maupun kecamatan.

Penulis: Iwank*

Mega Oktaviany saat sosialisasi ekonomi syariah
Peneliti: Potensi Industri Halal, SulBar Dapat Menjadi Daerah Unggul